5 Bahaya Memakai Kacamata Murah Sembarangan, Bisa Iritasi Kulit?

bahaya-memakai-kacamata-murah-sembarangan-doktersehat

DokterSehat.Com – Kacamata adalah alat bantu yang berfungsi untuk membantu mata agar dapat melihat objek lebih jelas, apabila mata tersebut mengalami kelainan refraksi mata yaitu minus, plus, dan silindris. Saat ini, produk kacamata yang beredar di pasaran tak melulu mahal. Anda dapat dengan mudah menemui penjual kacamata murah di berbagai tempat. Hati-hati, karena sejatinya ada bahaya memakai kacamata murah, lho!

Mengapa Memakai Kacamata Murah Berbahaya?

Kacamata diciptakan untuk membantu Anda yang memiliki mata minus, plus, atau silindris. Kacamata memiliki standar untuk dapat digunakan sebagai alat bantu penglihatan sesuai dengan kondisi gangguan mata yang diderita. Standar atau kriteria kacamata yang dimaksud tersebut meliputi:

  • Lensa kacamata memiliki pelindung terhadap sinar ultraviolet (UV)
  • Lensa berukuran OD/R = 0, dan OS/L = 0
  • Lensa memiliki jarak antar pupil (interpupillary distance) yang akurat
  • Gagang frame kacamata harus sesuai dengan lekuk kepala
  • Cat pewarna frame kacamata berbahan aman

Kriteria atau standar kacamata ideal di atas umumnya hampir tidak dapat ditemui pada model kacamata murah yang dijual sembarangan. Inilah yang menjadi alasan mengapa pakai kacamata murah berbahaya. Alih-alih terbantu penglihatannya, yang terjadi justru timbulnya masalah baru pada mata para pengguna kacamata murah tersebut, setidaknya dalam jangka beberapa waktu ke depan.

Bahaya Memakai Kacamata Murah Sembarangan

Lantas, apa saja sih bahaya memakai kacamata murah? Sebelum Anda memutuskan untuk membeli kacamata murah, simak penjelasan mengenai bahaya pakai kaca mata sembarangan harga murah berikut ini.

1. Menyebabkan Katarak

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kacamata murah biasanya tidak dilengkapi dengan lensa pelindung sinar UV-A dan UV-B. Padahal, mata yang terpapar sinar ultraviolet lama-kelamaan akan menyebabkan lensa mata menjadi keruh akibat protein yang rusak. Kondisi lensa mata yang mengeruh itu lantas kita kenal sebagai katarak.

Seperti pada kacamata hitam atau sunglasses, jika yang Anda kenakan adalah kacamata hitam murahan, maka bisa dipastikan warna gelap dari kacamata tersebut hanya akan mengurangi intensitas cahaya, tanpa sedikit pun melindungi mata dari paparan radiasi sinar matahari.

Selain katarak, menurut seorang dokter spesialis mata dari American Academy of Ophthalmology, yakni dr. Wayne Bizer, kacamata yang tidak dilengkapi dengan pelindung sinar UV berpotensi menyebabkan penyakit mata lainnya yakni degenerasi makula, dan pada kasus yang jarang bahkan sampai mengakibatkan berkembangnya sel kanker melanoma mokular.

Jadi, hindari bahaya memakai kacamata murah yang satu ini dengan membeli kacamata yang sudah memiliki standar perlindungan sinar UV, yakni kacamata yang memiliki label ‘CE’ (Standar perlindungan sinar UV Eropa), atau label ‘UV 400’. Kendati harganya bisa jauh lebih mahal, namun setidaknya Anda tidak harus berobat ke poli mata di masa mendatang, bukan?

2. Mata Menjadi Rabun

Banyak orang menggunakan kacamata hanya sebagai aksesoris untuk tampil penuh gaya. Lensa kacamata yang digunakan pun hanya sebatas kaca film biasa, bukan lensa minus, plus, atau silindris. Kacamata seperti ini bisa didapatkan di penjual kacamata murah manapun, baik di pusat perbelanjaan, pinggir jalan, hingga memesan di situs jual beli online.

Hal yang tidak kita sadari, yakni kacamata seperti itu berpotensi menimbulkan bahaya pakai kacamata sembarangan yang satu ini, ialah mata justru menjadi rabun.

3. Mata Mudah Lelah

Pada kacamata murah, jarak antar pupil (Interpupillary distance) pada lensa kacamata mungkin tidak akurat, tidak seperti kacamata yang dijual di optik-optik yang sudah memiliki reputasi baik. Hal ini lantas menimbulkan bahaya memakai kacamata murah lainnya, yaitu mata menjadi mudah lelah dan bahkan, fokus mata tetap saja tidak maksimal.

Ini utamanya terjadi pada Anda yang kondisi mata minus, plus, atau silindrisnya sudah sangat tinggi. Oleh sebab itu, pastikan kacamata yang Anda gunakan memiliki interpupillary distance yang tepat agar mata dapat melihat dengan baik dan jelas.

Sekali lagi, harga seharusnya bukan jadi hambatan untuk Anda membeli kacamata berstandar di optik-optik terpercaya. Apalagi ini menyangkut kesehatan mata Anda sendiri.

4. Sakit Kepala

Kacamata murah secara kualitas tentu saja tidak sebaik kacamata dengan harga yang sedikit lebih mahal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacamata murah umumnya memiliki potongan lensa yang asimetris, frame yang mudah patah, hingga yang paling mengganggu, interpuppillary distance yang tidak akurat, seeprti dijelaskan pada poin sebelumnya.

Faktor-faktor tersebut jika terus dibiarkan makan akan berdampak pada timbulnya bahaya pakai kacamata sembarangan, seperti pusing yang lantas berujung pada sakit kepala. Bahkan, bisa saja penggunaan kacamata murah tersebut berpotensi menyebabkan masalah penglihatan permanen. Hal yang tentunya tidak ingin Anda alami, bukan?

5. Iritasi Kulit?

Bahaya memakai kacamata murah bisa menyebabkan iritasi kulit, kok bisa? Tentu saja bisa. Frame kacamata dengan harga murah yang dijual sembarangan hampir bisa dipastikan terbuat dari bahan yang tidak higienis, pun cat yang digunakan untuk mewarnai frame tersebut bukanlan cat khusus yang sudah terbukti keamanannya bagi kulit.

Akibatnya, bisa saja kulit wajah dan sekitar telinga mengalami iritasi kulit akibat terpapar bahan kimia berbahaya yang terdapat di dalam cat pewarna frame tersebut.

Alih-alih menekan biaya dengan cara membeli kacamata murah, yang terjadi malah Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengobati kulit yang terkena iritasi tersebut. Pilih yang mana?

Sekarang Anda sudah tahu bahaya memakai kacamata murah bagi kesehatan mata, bukan? Mulai sekarang, jangan sungkan untuk merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk membeli kacamata. Mahal tapi aman dana awet, kenapa tidak?