Terbit: 20 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang berpikir jika sering mengonsumsi makanan atau minuman manis hanya akan menyebabkan datangnya diabetes. Padahal, ada banyak sekali masalah kesehatan lainnya yang bisa disebabkan oleh hal ini seperti peningkatan berat badan hingga menurunnya kesehatan jantung.

Tak Hanya Diabetes, Kebanyakan Makan Manis Berbahaya Bagi Jantung

Dilansir dari Boldsky, disebutkan bahwa terlalu sering mengonsumsi makanan manis bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Fakta ini terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan di University of Surrey, Inggris dan dipublikasikan hasilnya di jurnal berjudul Clinical Science.

Dalam penelitian ini, dihasilkan fakta bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan gula mampu memicu peningkatan kadar lemak di dalam darah dan liver. Hal ini bisa mengganggu proses metabolisme lemak dalam tubuh dan akhirnya berdampak buruk bagi kesehatan organ kardiovaskular. Menumpuknya lemak di dalam liver juga bisa memicu penyakit liver berlemak non alkohol yang bisa berimbas pada serangan jantung atau stroke.

Sebagaimana kita ketahui, diabetes bisa memicu komplikasi yang berbahaya seperti luka tak kunjung sembuh, gangguan penglihatan, amputasi, dan kematian dini. Sementara itu, penyakit seperti serangan jantung atau stroke sudah dikenal luas sebagai penyebab kematian bagi banyak orang. Hal ini berarti, ada baiknya memang sebisa mungkin mencegah kedatangan penyakit-penyakit tersebut.

Tak hanya menurunkan asupan gula dan makanan manis, kita juga harus mewaspadai adanya kandungan gula tersembunyi seperti pada nasi atau roti. Selain itu, beberapa makanan kemasan juga sebaiknya selalu cek kandungan gulanya sehingga kita pun tidak akan mudah mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak setiap hari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi