Meski Enak, Batasi Konsumsi Makanan Bersantan Saat Lebaran

rendang_santan_lebaran_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/Kyle Lam

DokterSehat.Com– Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran adalah saat di mana kita bisa menemukan banyak sekali makanan yang enak dan menggiurkan. Tak hanya ketupat dan opor ayam, kita bisa menemukan makanan lezat lainnya seperti rendang, manisan, sambal goreng ati, kue kering, atau bahkan berbagai manisan.

Masalahnya adalah di balik berbagai rasa makanan khas Lebaran yang enak ini, terdapat bahaya kesehatan yang mengintai. Menurut pakar kesehatan, makanan khas Lebaran cenderung memiliki kadar kalori yang sangat tinggi.

Tak hanya nasi, berbagai kue yang kita santap saat lebaran juga memiliki kadar kalori tinggi, apalagi jika dilengkapi dengan cokelat dan keju. Mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan bisa membuat kita rentan terkena kenaikan berat badan.

Selain itu, makanan khas Lebaran, khususnya makanan yang bersantan juga cenderung kaya akan kandungan kolesterol dan lemak sehingga jika kita mengonsumsinya dengan berlebihan, maka risiko untuk mengalami masalah kolesterol tinggi yang jauh lebih serius pun meningkat dengan signifikan.

Hidangan lain yang kerap disajikan saat Lebaran adalah minuman bersoda. Tak hanya menyediakan sendiri untuk dikonsumsi di rumah, kita bisa dengan mudah mendapatkannya di rumah-rumah dimana kita datang bertamu.

Masalahnya, konsumsi minuman bersoda dengan berlebihan akan membuat kita mengonsumsi gula dengan terlalu banyak. Hal ini tentu akan meningkatkan risiko terkena diabetes.

Melihat adanya fakta ini, pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman khas Lebaran dengan berlebihan. Meski rasanya enak, konsumsilah dalam jumlah atau frekuensi yang wajar. Selain itu, ada baiknya kita juga menyediakan makanan sehat seperti sayuran atau buah-buahan yang lebih baik bagi kesehatan tubuh.