Bahaya, Jangan Sampai Makan Terong Mentah!

resep-terong-ungu-doktersehat

DokterSehat.Com– Salah satu jenis sayuran yang digemari masyarakat Tanah Air adalah terong. Kita sering menjadikan terong sebagai campuran sayuran atau dijadikan sambal. Hanya saja, kita harus memastikan bahwa terong yang akan kita makan ini memang sudah benar-benar dimasak. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan berbahaya di dalam terong mentah yang jika dikonsumsi bisa memicu gangguan kesehatan.

Pakar kesehatan menyebut terong mentah memiliki kandungan bernama solanine. Kandungan ini bisa menghambat proses penyerapan kalsium dari bahan makanan lain di dalam organ pencernaan kita bermasalah. Selain itu, kandungan solanine ini ternyata juga berpotensi menjadi racun yang sangat berbahaya. Beberapa gejala dari keracunan solanine adalah sakit kepala, mual, muntah, kram perut parah, serta diare.

Selain terong, ternyata ada beberapa jenis sayuran lain yang sebaiknya tidak kita konsumsi dalam kondisi mentah seperti kentang dan kacang polong. Khusus untuk kentang, rasanya tentu akan kurang enak jika tidak dimasak terlebih dahulu. Selain itu, kentang mentah ternyata juga memiliki kandungan solanine sebagaimana yang ada di dalam terong mentah. Biasanya, kentang dengan kandungan solanine yang cukup tinggi memiliki warna kehijauan pada bagian dalam dagingnya.

Selain solanine, di dalam kentang juga terdapat kandungan pati yang cukup tinggi. Kandungan ini sebaiknya dimasak terlebih dahulu agar tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Kacang polong yang berada dalam kondisi mentah ternyata memiliki kandungan glikosida sianogen, sejenis racun sianida yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Demi menurunkan kadar glikosida sianogen ini, kacang polong sebaiknya direndam terlebih dahulu dan harus dimasak hingga matang sebelum dikonsumsi.

Menariknya adalah terdapat beberapa jenis sayuran lain yang justru disarankan untuk tidak dimasak demi mencegah penurunan atau hilangnya kadar nutrisi seperti mentimun, selada, dan wortel. Selain itu, ada beberapa jenis sayuran yang tetap direkomendasikan untuk dimasak namun sebaiknya dilakukan dalam waktu yang sangat singkat seperti bayam. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memasaknya sekitar 1 menit saja demi mencegah hilangnya nutrisi sehat dari sayuran hijau ini.