Jangan Makan Siang Di Meja Kerja, Ini Bahayanya!

doktersehat-wanita-lelah-anemia-kerja-kantor-depresi-1024

DokterSehat.Com– Di mana biasanya Anda menghabiskan waktu untuk makan siang? Jika sebagian besar waktu makan siang Anda habiskan dengan menyantap makanan di ruang atau meja kerja, maka sebaiknya hal ini mulai Anda kurangi, karena ternyata, sering makan siang di meja kerja, juga ada bahayanya, lho.

Ya, makan siang di meja kerja memang merupakan hal yang umum dilakukan, apalagi jika mengingat padatnya pekerjaan dan target tugas yang harus diselesaikan.

Hal ini membuat makan siang di meja kerja menjadi salah satu pilihan untuk banyak orang. Sayangnya, hal ini ternyata bukanlah suatu hal yang baik untuk dirutinkan. Mengapa?

Bahaya sering makan siang di meja kerja

Makan siang di meja kerja dapat menyebabkan beberapa kondisi yang mengarah pada gangguan kesehatan.

Kondisi gangguan kesehatan ini dicetuskan oleh beberapa hal yaitu kondisi kebersihan meja yang kurang terjamin, tidak fokus pada makanan dan tubuh jadi semakin kurang bergerak.doktersehat-makan-di-meja-kantor-gemuk-gendut-obesitasKombinasi hal tersebut tentu akan mengganggu kondisi kesehatan, apalagi jika makan siang di meja kantor telah menjadi suatu kebiasaan.

Beberapa hal yang bisa terjadi jika terbiasa makan siang di meja kantor, adalah:

1. Porsi makan jadi kurang terkontrol

Saat makan di meja kerja, porsi makan Anda akan cenderung kurang terkontrol. Hal ini disebabkan fokus pada otak yang cenderung terpecah dengan tugas atau catatan yang ada di meja kerja.

Kondisi ini selain membuat Anda jadi tidak rileks saat makan, juga akan membuat Anda kesulita mengontrol asupan makan.

doktersehat makan junk food
photo credit: Pexels by Twenty20

Makan siang yang porsinya sebenarnya bisa Anda atur, menjadi kurang asupannya atau malah berlebihan.

Keduanya tentu sama-sama kurang baik untuk tubuh mengingat Anda bisa jadi kurang berkonsentrasi karena kekurangan gizi, atau menjadi lemas dan mengantuk karena metabolisme tubuh yang menjadi lebih berat, akibat porsi makan yang berlebihan.

2. Makanan kurang higienis karena rentan terpapar bakteri

Meskipun sering Anda bersihkan, nyatanya meja kerja atau ruangan kantor bisa menjadi cepat kotor, mengingat banyaknya barang, kertas, map, alat tuis, atau mungkin uang, yang ada di dalam ruangan dan di atas meja.

Photo: Flickr/Proflowers

Barang-barang tersebut merupakan barang yang kerap berpindah dan dipegang berkali-kali, sehingga kontaminasi bakterinya tentu sangat besar.

Hal ini tentu berisiko pula mengontaminasi bahan makanan saat Anda sedang makan siang di meja kantor, bukan?

3. Aktivitas fisik jadi semakin rendah

Makan di meja kerja, tentu secara otomatis akan membuat tubuh Anda menjadi kurang bergerak, ya. Hal ini tentu akan mengurangi kemungkinan aktivitas fisik harian yang sebenarnya bisa Anda lakukan.

doktersehat-kerja-puasaAnda juga jadi semakin lama duduk, di mana kondisi ini tentu bukanlah merupakan kondisi yang menyehatkan.

Terlalu lama duduk kini dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan mulai dari tekanan darah yang meningkat dan risiko penyakit jantung.

4. Meningkatkan risiko peningkatan berat badan

Porsi makan yang tidak terkontrol dan cenderung berlebihan, diiringi dengan kurangnya aktivitas fisik akan membuat berat badan Anda semakin meningkat.

doktersehat-timbangan-berat-badan-dietJika dilakukan terus menerus, kondisi ini bukan tidak mungkin akan meningkatkan risiko obesitas dan membuat kemungkinan terjadinya gangguan kadar gula darah, tidak terkontrolnya tekanan darah, dan penyakit kardivosakular semakin besar.

Nah, itu dia 4 bahaya jika kita terlalu sering makan siang di meja kerja. Akan lebih baik jika Anda membiasakan makan siang di kantin atau ruang makan.

Anda tidak hanya bisa menggerakan tubuh dan mengontrol porsi makan, namun juga membuat tubuh beristirahat sejenak dari rutinitas pekerjaan, bukan?