Terbit: 27 Maret 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ponsel atau yang biasa kita sebut handphone (HP) memang kini telah menjadi benda yang sulit untuk kita lepaskan, bahkan ketika makan. Ternyata sebuah penelitian terbaru di Brasil mengungkapkan bahaya makan sambil main HP, slaah satunya bisa meningkatkan risiko terkena obesitas. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

kebiasaan-makan-ponsel-doktersehat

Dampak kebiasaan makan sambil main HP

Hasil dari penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal berjudul Physiology and Behavior.

Salah satu peneliti yang terlibat, Profesor Luciano Pereira dari Federal University of Lavras, menyebut dia dan rekan-rekannya memang tertarik untuk mengetahui dampak dari kebiasaan makan sambil bermain ponsel.

“Saya sudah mempelajari fisiologi pengunyahan makanan selama sekitar 15 tahun. Kebiasaan mengunyah makanan kita terkait erat dengan risiko obesitas. Sayangnya, penggunaan ponsel saat makan bisa mempengaruhi kebiasaan mengunyah kita,” ungkap Prof. Pereira.

Penelitian bahaya makan sambil main HP dilakukan dengan melibatkan 26 laki-laki dan 36 wanita. Mereka diminta untuk mengonsumsi satu nampan yang berisi makanan dengan jumlah yang sama namun ditempatkan dalam tiga kondisi yang berbeda.

Kelompok pertama diminta untuk makan sambil memainkan ponsel, kelompok kedua diminta untuk makan sambil membaca majalah, dan kelompok terakhir diminta untuk makan tanpa adanya gangguan apapun.

Hasil dari penelitian ini adalah partisipan yang berada dalam kelompok makan sambil memainkan ponsel dan membaca majalan mengonsumsi total kalori yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang makan tanpa kedua gangguan tersebut. Peningkatan asupan kalori ini mencapai 15 persen.

Para peneliti pun menyimpulkan bahwa kebiasaan makan dengan memainkan ponsel atau membaca majalah bisa meningkatkan berat badan dan risiko obesitas dengan signifikan.

“Kita harus benar-benar menikmati apa yang kita makan tanpa ada angguan apapun seperti ponsel. Selain bisa lebih baik dalam menikmati rasa makanan, kita akan lebih baik dalam mengunyah makanan dan lebih cepat merasa kenyang. Hal ini tentu akan membantu menjaga asupan kalori agar tidak berlebihan,” lanjut Prof. Pereira

Mengingat obesitas bisa berlanjut menjadi berbagai masalah kesehatan yang serius seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya, sebaiknya memang kita menjaga kebiasaan makan agar tidak sampai mengalaminya.

Kebiasaan buruk saat makan lainnya yang sering dilakukan

Selain makan sambil main HP, pakar kesehatan menyebut ada kebiasaan buruk lainnya yang dilakukan saat makan yang sebenarnya bisa memberikan efek buruk bagi kondisi tubuh.

Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan buruk saat makan lainnya:

  1. Malas mencuci tangan

Meski kita makan dengan memakai sendok, bukan berarti kita tidak perlu mencuci tangan sebelum makan.

Selain itu, masih banyak orang yang hanya mencuci tangan dengan air saja tanpa memakai sabun. Padahal, bisa jadi tangan penuh dengan kuman yang bisa memicu datangnya penyakit jika sampai masuk lewat mulut. Pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan demi mencegahnya.

  1. Makan sambil menonton televisi

Selain makan sambil main HP, kita juga sering makan sambil menonton acara televisi.

Hal ini ternyata juga bisa memberikan dampak yang sama. Penelitian yang dilakukan di University of Birmingham, Inggris, menyebut makan sambil menonton televisi akan mengganggu pengiriman sinyal kenyang. Kita pun akan makan dengan berlebihan dan lebih mudah lapar kembali.

  1. Makan sambil berdiri

Kita juga cenderung sering makan sambil berdiri atau berjalan. Selain di acara prasmanan, kita juga sering melakukannya sambil ngemil. Padahal, hal ini akan mengganggu proses pencernaan dan membebani kinerjanya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi