Makan Malam Hanya dengan Jus Buah, Ini 4 Bahaya yang Mengintai!

doktersehat-minuman-anti-stres
Photo Credit: Flickr.com/Breville USA

DokterSehat.Com– Menu makan malam apa yang sering Anda konsumsi? Jika sedang diet, makan malam memang seakan menjadi momok tersendiri, ya.

Tidak heran bahwa beberapa orang mengatasi hal ini hanya dengan mengonsumsi beberapa jenis minuman yang diklaim sehat, salah satunya adalah jus buah.

Ya, jus buah memang merupakan bahan makanan yang super sehat, karena mengandung berbagai vitamin, mineral, cairan alami, gula, serat, serta fitonutrien yang baik untuk tubuh.

Berbagai kandungan yang ada pada buah tersebut, memang penting untuk tubuh, akan tetapi hanya mengonsumsi jus buah sebagai pengganti makan malam, ternyata bukanlah pilihan yang tepat, lho.

Pentingnya gizi yang lengkap saat makan malam

Makan malam dianggap bisa menyebabkan berat badan naik, padahal dengan pemilihan jenis dan porsi yang tepat, serta waktu makan yang tidak berdekatan dengan waktu tidur, makan malam bukanlah menjadi hal yang harus dihindari saat diet.

doktersehat-pola-makan-sehat-ramadan
Photo Credit: Flickr.com/Michael Stern

Makan malam justru penting, karena secara umum makan malam yang dipilih dengan tepat dan seimbang, bisa membantu memenuhi 25-30% kebutuhan energi harian tubuh.

Selain itu, makan malam juga bisa memberi manfaat berupa terkontrolnya kadar gula darah dalam tubuh serta menggantikan energi dan zat gizi tubuh yang hilang setelah seharian beraktivitas.

Melewatkan makan malam, atau hanya mengonsumsi beberapa jenis makanan saat makan malam, tentu dapat memberikan dampak yang buruk untuk tubuh. Terlebih lagi, jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Lantas, apa saja bahaya yang mengintai jika kita hanya mengonsumsi jus buah untuk makan malam?

Berikut beberapa hal yang bisa terjadi pada tubuh jika kita hanya mengonsumsi jus buah untuk makan malam:

1. Tubuh kekurangan energi sehingga menjadi lapar

Hanya mengonsummsi jus buah sebagai menu makan malam, tentu tidak mampu memenuhi 25-30% kebutuhan energi harian tubuh.

doktersehat-sakitHasilnya, tubuh tentu akan kekurangan energi karena asupan kalori yang diperoleh dari buah, termasuk rendah.

Hal ini tentu rentan membuat tubuh kekurangan energi dan semakin cepat merasa lapar. Jika tidak bisa mengontrol dengan baik, nafsu makan justru menjadi lebih besar saat hari semakin malam, dampaknya, tubuh jadi berisiko mengonsumsi camilan tidak sehat yang hanya tinggi gula dan lemak saja.

2. Gangguan pencernaan

Pemilihan buah yang tidak tepat saat malam hari, misalnya buah yang bersifat asam atau buah yang bergas, tentu bisa menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan.

doktersehat-sakit-perut-mualApalagi, jika jus buah tersebut dijadikan makanan tunggal yang bisa memperparah risiko gangguan pencernaan, misalnya asam lambung diproduksi berlebih, perut kembung atau begah.

3. Asupan gizi dalam tubuh tidak lengkap

Meskipun sehat, jus buah bukanlah menu makanan yang bergizi lengkap.

Jus buah tidak bisa memberikan asupan protein yang sebenarnya penting dikonsumsi pada malam hari untuk menggantikan atau meregenerasi sel tubuh pasca seharian beraktvitas.

jus_jeruk_dingin_beku_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/Marco Verch

Hasilnya, sistem dan fungsi organ tubuh bisa terganggu karena kebutuhan protein dari makanan tidak bisa dipenuhi dengan maksimal.

4. Tubuh rentan mengalami defisiensi zat gizi

Jika mengganti makan malam hanya dengan jus buah berlangsung terus menerus, maka tentu kebutuhan energi dan protein harian tubuh akan semakin tidak terpenuhi.

Dampaknya, tubuh akan mengalami defisiensi, atau kekurangan zat gizi cukup parah, yang akan membuat tubuh kekurangan vitamin, mineral, dan disusul dengan zat gizi makro lainnya.

Kondisi ini tentu saja berisiko merusak organ dan sistem tubuh dalan jangka panjang, bukan?