Bahaya Makan Gorengan Sambil Ngopi

gorengan_doktersehat_1
Photo Source: Twitter.com/roro_asyu

DokterSehat.Com– Apakah Anda termasuk dalam orang yang doyan menikmati gorengan sambil minum kopi? Dalam realitanya, gorengan dan kopi memang cocok untuk dikonsumsi sambil mengobrol panjang lebar dengan kawan-kawan atau saat menonton televisi. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, kebiasaan mengonsumsi gorengan dan kopi dalam waktu bersamaan bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Dilansir dari The Globe and Mail, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Guelph, dihasilkan fakta bahwa mengonsumsi gorengan sambil minum kopi bisa membuat kadar gula darah naik dengan signifikan. Hal yang sama berlaku jika kita minum kopi setelah mengonsumsi makanan yang kaya minyak lainnya. Padahal, jika sampai kadar gula darah naik dan tak terkendali, maka risiko untuk terkena diabetes pun akan meningkat.

Mengonsumsi gorengan yang kaya akan lemak jenuh sudah cukup untuk membuat tubuh kesulitan membersihkan gula yang ada dalam darah. Yang menjadi masalah adalah, konsumsi kopi bisa membuat hal ini menjadi semakin parah.

“Efek dari mengonsumsi makanan berlemak bisa dirasakan tubuh hingga berjam-jam lamanya. Jika beberapa jam lalu kita mengonsumsi gorengan dan kemudian sekarang minum kopi, kadar gula dalam darah juga bisa ikut meningkat,” ucap Marie-Souil Beaudoin dan Terry Graham yang terlibat dalam penelitian ini.

Dalam penelitian ini, para partisipan diminta untuk mengonsumsi makanan kaya lemak. Enam jam kemudian, mereka diminta untuk mengonsumsi minuman dengan tambahan gula. Normalnya, tubuh akan segera memproduksi insulin demi membersihkan gula di dalam darah, namun karena mengonsumsi makanan berlemak, jumlah insulin yang diproduksi tidak cukup dan akhirnya membuat kadar gua darah meningkat hingga 32 persen.

Bahkan, saat para peneliti mengonsumsi dua cangkir kopi setelah 5 jam mengonsumsi makanan berlemak, kadar gula darah bisa meningkat hingga 65 persen!

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita menghindari asupan gorengan dan kopi dalam waktu yang berdekatan. Selain itu, mengingat gorengan termasuk dalam makanan yang paling tidak sehat, sebaiknya kita mulai mengurangi frekuensi mengonsumsinya.