Terbit: 6 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Karena kita tinggal di negeri tropis, maka di saat malam hari suhu udara pun tidak akan terasa terlalu dingin. Kita pun bisa dengan mudah mengonsumsi minuman dingin atau es krim di malam hari, khususnya saat melihat acara televisi kesayangan atau saat mengobrol bersama dengan teman-teman. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan makan es krim di malam hari, khususnya dekat dengan waktu tidur bisa membahayakan kesehatan.

Bahaya Makan Es Krim Sebelum Tidur

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak mengonsumsi makanan manis atau makanan yang kaya akan kandungan susu karena bisa menyebabkan efek yang kurang nyaman bagi tubuh, termasuk memicu insomnia. Jika kita mengonsumsi es krim di malam hari, maka kita juga akan mengonsumsi lemak atau gula dalam jumlah yang sangat banyak. Hal ini akan membuat perut bekerja keras untuk mencernanya saat tubuh seharusnya berada dalam kondisi beristirahat. Hal ini juga akan membuat kita lebih rentan terkena kenaikan berat badan.

Makanan lain yang sebaiknya tidak kita konsumsi di dekat waktu tidur adalah kue manis. Banyak orang yang mengaku tidak ingin mengonsumsi kue manis karena bisa menyebabkan mimpi buruk. Sebenarnya, belum ada penelitian apapun yang membuktikan anggapan ini, namun ada baiknya kita tidak menyepelekannya. Mengonsumsi kue manis dekat dengan waktu tidur bisa membuat kita rentan terkena kenaikan berat badan dan rasa tidak nyaman pada perut.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi makanan apapun hingga 2 jam sebelum tidur demi memastikan bahwa tubuh bisa benar-benar beristirahat. Jika sampai kita merasa lapar dekat dengan waktu tidur, ada baiknya kita mengonsumsi buah-buahan demi mengganjal rasa lapar karena lebih baik bagi kesehatan tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi