Terbit: 2 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ponsel merupakan salah satu benda yang tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari. Bahkan ponsel sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting sehinga selalu dibawa kemanapun ketika pergi.

Awas, 3 Penyakit ini juga Bisa Disebabkan Oleh Kebiasaan Main Ponsel Sebelum Tidur

Tak sedikit pula yang gemar memainkan ponsel ketika menjelang tidur. Mereka menganggap bahwa dengan memainkan ponsel sebelum tidur akan membuat mata menjadi lelah sehingga bisa langsung segera tertidur. Padahal, faktanya tidak demikian. Justru memainkan ponsel sebelum tidur bisa membuat Anda sulit tidur.

Tidak hanya sulit tidur saja, berikut ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh memainkan ponsel sebelum tidur. Apa saja itu?

1. Masalah pada Penglihatan

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, mata harus selalu dirawat dan dijaga kesehatannya. Sayangnya, banyak hal yang bisa menyebabkan mata mengalami masalah penglihatan, seperti menurunnya kemampuan melihat atau yang biasa disebut mata minus, silinder, dan masih banyak lainnya. Salah satu faktor yang bisa menyebabkan menurunnya penglihatan mata adalah kebiasaan memainkan ponsel sebelum tidur, terlebih lagi jika sambil berbaring. Hal ini dikarenakan mata terbiasa menegang saat melihat spectrum cahaya biru yang dihasilkan oleh layar ponsel. Kondisi tersebut dapat diperparah jika memainkan ponsel dalam cahaya gelap.

2. Kehilangan Pendengaran

Selain bisa menurunkan penglihatan, memainkan ponsel sebelum tidur juga bisa membuat Anda kehilangan pendengaran. Namun berbeda dengan masalah mata yang disebabkan cahaya biru pada ponsel, menurunnya pendengaran bisa diakibatkan karena kebiasaan mendengarkan musik dengan menggunakan headset. Sebab, musik yang didengarkan menggunakan headset akan mengeluarkan suara yang lebih keras dibanding tanpa menggunakan headset. Masalah ini juga bisa bersifat permanen. Oleh sebab itu, kurangi memainkan ponsel dan mendengarkan music menggunakan head-set sebelum tidur.

3. Kelainan Tulang Leher

Kebiasaan memainkan ponsel, baik hanya untuk chatting bersama kawan ataupun menggunakan aplikasi lainnya, mau tidak mau tubuh Anda menunduk. Jika kebiasaan ini terus menerus dilakukan, maka Anda akan mengalami masalah kelainan pada tulang. Hal ini akan membuat leher And aterasa nyeri jika merasakan sedikit tekanan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi