Waktu Tidur Sering Tersita Bikin Cepat Meninggal?

Doktersehat-kurang-tidur
Photo Credit: Flickr.com/jnp249

DokterSehat.Com– Banyak orang yang tidak menyadari betapa pentingnya waktu tidur bagi kesehatan. Dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup, kita tidak hanya akan terbangun dengan kondisi tubuh yang bugar dan sehat, melainkan juga bisa menjaga berbagai kesehatan tubuh.

Bahkan, ada sebuah anggapan yang menyebutkan bahwa kebiasaan kurang tidur bisa membuat kita cepat meninggal. Apakah hal ini benar adanya?

Dalam realitanya, kurang tidur bisa memberikan dampak yang sangat tidak baik bagi kesehatan. Tak hanya membuat tubuh kehilangan tenaga, kita juga akan mengalami pusing kepala dan ketidakstabilan peredaran darah. Bahkan, kebiasaan kurang tidur juga bisa memicu masalah tekanan darah.

Seorang remaja berusia 16 tahun bernama Randy Gardner pada tahun 1965 berusaha untuk memecahkan rekor tidak tidur sama sekali. Ia mampu melakukannya hingga 11 hari 24 menit. Hanya saja, setelah hari ketiga, Randy mulai mengalami perubahan suasana hati, kehilangan keseimbangan dan koordinasi tubuh, serta mulai mengalami gangguan panca indera. Pada hari kelima, Randy mulai mengalami halusinasi aneh. Hanya saja, saat diperiksa kondisi kesehatannya, tidak ada gangguan kesehatan apapun.

Apa yang dialami Randy bukan berarti menandakan bahwa kurang tidur atau tidak tidur aman untuk dilakukan. Dalam realitanya, banyak proses di dalam tubuh yang membutuhkan waktu tidur yang cukup seperti proses pembersihan racun di dalam tubuh.

Jika kurang tidur, maka hal ini akan membuat banyak racun menumpuk di dalam tubuh dan akhirnya menyebabkan datangnya penyakit berbahaya. Jika sampai penyakit datang, maka risiko mengalami kematian dini tentu meningkat.

Selain itu, jika kita sering kurang tidur, maka risiko untuk terkena microsleep juga meningkat. Sebagai informasi, microsleep adalah kondisi dimana tubuh tiba-tiba saja mengantuk dengan hebat dan bisa membuat tubuh tertidur selama beberapa detik atau beberapa menit.

Meski terlihat wajar untuk dilakukan, dalam realitanya hal ini bisa membahayakan, apalagi jika kita sedang berkendara atau melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Melihat adanya fakta ini, jangan lagi menyepelekan waktu tidur dan pastikan untuk selalu tidur dengan waktu yang cukup setiap malam.