Terbit: 20 Maret 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda termasuk sering mengonsumsi air lemon? Air lemon dipercaya memiliki banyak khasiat, mulai untuk kesehatan hingga kecantikan kulit. Meskipun sudah terbukti lemon bermanfaat untuk kesehatan, namun bahaya lemon dapat mengganggu beberapa kondisi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

10 Bahaya Minum Lemon Terlalu Sering bagi Kesehatan Tubuh!

Sebelum lebh jauh mebahas bahaya minum lemon secara berlebihan, simak terlebih dahulu kandungan nutrisi lemon berikut ini.

Kandungan Nutrisi Lemon

Lemon mengandung sedikit lemak dan protein. Karbohidrat (10%) dan air (88-89%). Lemon berukuran sedang hanya mengandung sekitar 20 kalori.

Karbohidrat dalam lemon terutama terdiri dari serat dan gula sederhana seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Lemon juga mengandung serat larut seperti pektin yang dapat menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat pencernaan gula dan pati. Serat makanan adalah bagian penting dari diet sehat, dan terkait dengan banyak manfaat kesehatan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Kandungan lemon terdiri dari beberapa vitamin dan mineral, di antaranya:

  1. Vitamin C

    Vitamin esensial dan antioksidan. Vitamin C penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.

  2. Kalium

    Diet tinggi kalium dapat menurunkan kadar tekanan darah dan memiliki efek positif pada kesehatan jantung.

  3. Vitamin B6

    Kandungan lemon yang kaya akan vitamin B akan membantu mengubah makanan menjadi energi.

Bahaya Minum Lemon Secara Berlebihan

Terlalu banyak mengonsumsi air lemon akan menimbulkan beberapa efek samping buah lemon pada tubuh yang patut Anda perhatikan, di antaranya:

1. Erosi gigi

Bahaya lemon jika diminum secara berlebihan yang pertama dapat menyebabkan kerusakan gigi atau erosi gigi karena kandungan asam pada lemon.

British Dental Foundation menyebutkan bahwa kadar keasaman atau pH lemon yang sangat rendah, yaitu di bawah 3, menjadi penyebab utama terjadinya erosi gigi atau terkikisnya enamel gigi.

2. Sering berkemih dan dehidrasi

Minum air lemon, terutama dalam segelas air hangat dapat berfungsi sebagai diuretik, yang menyebabkan sering berkemih.

Jika minum air lemon berlebihan, juga menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, karena air lemon membuat tubuh kekurangan cairan. Dalam prosesnya, bahaya buah lemon juga dapat mengurangi elektrolit dan natrium melalui urine.

Buah-buahan lainnya yang memiliki rasa asam seperti lemon juga bisa mengiritasi kandung kemih. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sifat asam dapat meningkatkan keinginan untuk buang air kecil lebih sering. Jika mengalami gejalanya, hindari minum air lemon dan buah-buahan asam lainnya selama sekitar satu minggu dan perhatikan apakah gejalanya membaik. Jika tidak, konsultasikan dengan dokter.

3. Memperparah maag

Menurut penelitian, bahaya minum air lemon dapat memicu atau bahkan memperparah sakit maag karena mengaktifkan pepsin, enzim dalam lambung yang memecah protein.

Refluks cairan pencernaan di lambung dapat mengaktifkan molekul pepsin yang tidak aktif di kerongkongan dan tenggorokan – yang menyebabkan mulas. Minum air lemun dengan takaran yang cukup memang bisa mengatasi tingginya kadar asam lambung atau GERD, namun jika minum terlalu banyak dapat memperparah asam lambung.

4. Mual dan muntah

Mengingat air lemon mengandung banyak vitamin C, penting untuk diingat bahwa terlalu banyak asupan nutrisi dapat menyebabkan mual dan bahkan muntah.

Bahaya minum lemon terlalu banyak (misal lebih dari 2 lemon atau 3 cangkir jus lemon) dapat menyebabkan overdosis vitamin C. Meskipun tidak menimbulkan kondisi yang serius, namun tubuh akan mencoba menghilangkan kelebihan vitamin C – yang menyebabkan muntah. Bahkan diet detoks seperti diet air lemon dapat menyebabkan mual dan muntah.

5. Memperparah sariawan

Bahaya minum air lemon ketika sedang mengalami sariawan akan memperparah kondisi, untuk itu sangat tidak dianjurkan menghindari minum air lemon.

Asam sitrat dalam lemon dapat memperburuk luka akibat sariawan dan bahkan menyebabkan lebih banyak. Karena alasan tersebut, pastikan tidak minum air lemon atau buah asam lainnya jika menderita sariawan. Tunggu sampai sariawan sembuh sepenuhnya.

6. Sebabkan kelebihan kandungan zat besi dalam darah

Vitamin C diketahui dapat mendorong penyerapan zat besi dalam tubuh. Bahaya minum lemon terlalu banyak dapat menyebabkan peningkatan kadar zat besi dalam darah. Terlalu banyak zat besi dalam tubuh bisa berbahaya. Kelebihan zat besi dalam darah juga dapat merusak organ dalam.

7. Menyebabkan kulit terbakar sinar matahari

Studi menunjukkan bahwa terpapar sinar matahari ketika sedang menggunakan masker lemon dapat menyebabkan lepuh dan bintik hitam di kulit. Juga disebut phytophotodermatitis, bentuk terburuk dari sengatan matahari. Penyebabnya adalah bahan kimia dalam air lemon (psoralens) yang berinteraksi dengan sinar matahari dan menyebabkan luka bakar.

Begitu pun jika meminum air lemon, menurut laporan dari Brown University menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi air lemon atau jus jeruk lainnya secara berlebihan mungkin memiliki risiko yang sedikit lebih tinggi terkena melanoma ganas atau kanker kulit.

8. Memicu migrain

Menurut penelitian, bahaya minum lemon secara berlebihan dapat memicu sakit kepala sebelah atau migrain. Lemon diketahui juga mengandung antihistamin dan tyramine, yang keduanya menjadi penyebab migrain.

9. Gangguan ginjal

Bahaya minum air lemon terlalu banyak dapat mengganggu kesehatan pada ginjal dan bahkan batu ginjal. Anda yang mengalami masalah ginjal disarankan untuk menghindari minum air lemon.

10. Gangguan Kehamilan

Jika ibu hamil sering minum air lemon, berhati-hatilah karena bahaya buah lemon dapat memengaruhi perkembangan janin dalam rahim.

Ibu hamil rentan terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya menurun. Jadi, ibu hamil disarankan untuk menghindari minum air lemon karena berisiko mengalami gangguan penmcernaan seperti kram perut dan diare.

Bagaimana Cara Mencegah Bahaya Buah Lemon?

Untuk menghindari dampak buruk minum lemon secara berlebihan, selalu atur waktu minum air lemon dan batasi porsinya. Usahakan mengonsumsi air lemon setelah perut terisi makanan sebelumnya. Agar porsi lemon terkontrol, batasi konsumsi maksimal satu buah lemon ukuran sedang, setara 60-70 gram, dalam satu hari.

Selain itu variasikanlah konsumsi buah Anda. Pilihlah lemon sebagai variasi buah untuk konsumsi sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu agar asupannya tidak berlebihan.

Berikut ini cara minum lemon yang benar dan amab bagi tubuh:

  • Minum air lemon hangat di pagi hari

Waktu terbaik minum air lemon adalah di pagi hari karena berfungsi mengganti cairan tubuh yang hilang karena dehidrasi setelah bangun tidur. Saat tidur, tubuh kehilangan banyak cairan. Cara mengembalikan cairan tubuh adalah dengan meminum segelas air lemon hangat. Ingat, minumlah secukupnya!

  • Tidak minum lemon setiap hari

Minum lemon secara rutin saat pagi bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki jaringan kulit dan persendian tulang. Tetapi, meminum air lemon setiap hari dapat merusak enamel gigi atau erosi gigi.

Perlu diingat, tidak semua orang bisa menikmati air lemon setiap hari. Seperti dijelaskan sebelumnya, seseorang yang memiliki kadar besi tinggi dalam darah harus mengurangi minum air lemon karena kandungan air lemon dapat meningkatkan tubuh menyerap zat besi.

Itulah beberapa bahaya minum lemon terlalu banyak yang dapat mengganggu beberapa kondisi kesehatan Anda. Jadi, pastikan minum air lemon secukupnya ya, Teman Sehat!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi