Terbit: 15 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tubuh sehat ternyata tidak selalu didapatkan dari menjaga pola makan serta olahraga teratur saja. Pasalnya, ada beberapa penyebab lain yang bisa merusak tubuh secara perlahan. Salah satunya adalah faktor mental. Sebab, kunci dari kesehatan seseorang adalah dari fisik dan mentalnya.

Waspada, Kesepian Bisa Sebabkan Penuaan Dini Hingga Kurang Gizi

Nah, bicara mengenai kesehatan mental, kita semua harus sadar bahwa mental adalah penentu dari kesehatan fisik. Sebab, bagaimanapun juga mental akan mengatur kinerja organ di dalam tubuh. Sehingga, walaupun kita sudah menjaga pola makan atau olahraga sekalipun, semua tidak akan ada artinya jika mental kita tidak dalam keadaan sehat.

Masalah ini sedang ramai dibahas oleh para pakar kesehatan. Bermula dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan di Bournemouth University, Inggris, yang mengatakan bahwa mental seseorang yang dilanda kesepian sangatlah rapuh. Alhasil, bisa memicu terjadinya hal buruk pada tubuh, mulai dari penuaan dini hingga gizi buruk.

Hal itu menjadi sebuah problem yang cukup menghebohkan. Bagaimana tidak, menurut data terkini disebutkan bahwa jumlah orang yang mengalami kesepian meningkat hingga 30 persen. Dan jika hasil riset itu benar, maka dari 30 persen orang yang kesepian itu akan berpotensi mengalami kerusakan kesehatan pada tubuhnya.

Awal mula terjadinya gangguan kesehatan pada orang yang kesepian adalah menurunnya berat badan secara berangsur-angsur. Walaupun makannya banyak, tetap saja mental yang rapuh akan menurunkan berat badan tanpa alasan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Kemudian, sembari berat badannya menurun secara perlahan, kulitnya pun akan semakin keriput, walau usia masih muda. Hal itu dikarenakan adanya perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Sebab, ada kaitan yang erat antara depresi serta nafsu makan. Biasanya, orang yang kesepian mentalnya menjadi lemah dan pikiran kacau sehingga memengaruhi pola makannya.

Kendati demikian, hal itu bukan sebuah ancaman ketika seseorang bisa mengatasinya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya mengisi kekosongan itu dengan hal yang menyenangkan. Sebab, penyakit mental tidak bisa disembuhkan dengan fisik, tapi harus dengan cara dan metode mental juga. Jadi, jangan pernah menyepelekan hal-hal yang berkenaan dengan mental karena akan fatal akibatnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi