Bahaya Keke Challenge, Jangan Ikut-ikutan!

keke_challenge_doktersehat_1
Photo Source: deenamik.com

DokterSehat.Com– Belakangan ini di media sosial sedang viral tantangan Keke Challenge. Tren yang juga dikenal dengan nama lain berupa Kiki Challenge atau In My Feelings Challenge ini digandrungi oleh banyak orang, khususnya anak muda.

Dilansir dari CNN, tantangan ini dilakukan dengan cara keluar dari mobil yang sedang berjalan dengan pelan dan kemudian menari di pinggir jalan dengan pintu mobil yang masih terbuka sambil berjalan. Hal ini berarti, mobil masih dalam kondisi melaju dan posisi orang yang menyetir mobil tidak benar-benar berkonsentrasi dengan kendaraannya karena terus merekam orang yang sedang menari.

Meskipun terlihat lucu, Keke Challenge dianggap sebagai hal yang kontroversial sebagaimana tantangan-tantangan yang viral sebelumnya. Menurut Kepala Kepolisian dari kawasan Massachusetts, Amerika Serikat, Joseph Solomon, tantangan ini berbahaya dan bisa memicu kecelakaan.

“Hanya soal waktu saja untuk kita dan pasti akan ada orang yang terlindas atau terseret mobil karena tantangan ini. Selain itu, pengemudi yang merekam bisa saja menabrak orang yang sedang menyeberang,” ucap Solomon.

“Jika ingin melakukannya, lakukan di area yang aman dan tidak ada orang. Jangan lakukan saat mobil sedang berjalan,” lanjutnya.

Hal yang sama juga diungkap oleh kepolisian salah satu negara Timur Tengah, Oman.

“Pengemudi melakukan pelanggaran lalu lintas jika melakukan hal ini. Ia bisa dipenjara atau mendapatkan denda,” ucap salah satu pejabat kepolisian Oman.

Sementara itu, Ali Ar Bawrani dari Oman Road safety Association juga menyebut adanya kemungkinan kecelakaan yang terjadi akibat dari tantangan ini.

“Kebanyakan orang yang suka dengan tantangan ini adalah anak muda. Meskipun terlihat sangat menyenangkan, konsentrasi yang hilang beberapa detik saja saat mobil terus berjalan bisa menjadi bencana,” ucap Ali.

Melihat adanya fakta ini, jangan sembarangan mengikuti tantangan yang viral di media sosial karena bisa saja membahayakan nyawa orang lain atau diri sendiri.