Bahaya Jongkok di Toilet Duduk

doktersehat-toilet-kamar-mandi

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang memilih untuk jongkok di toilet duduk. Tujuan dari melakukan hal ini adalah karena mereka merasa kurang nyaman saat menggunakan toilet duduk sehingga susah untuk buang air. Selain itu, terdapat sebagian orang yang khawatir untuk memakai toilet duduk, apalagi di tempat umum karena berpikir jika hal ini bisa menjadi tempat penularan virus dan bakteri.

Menurut para peneliti dari University of Leicester, alih-alih bisa menghindari penularan virus dan bakteri, jongkok di atas toilet duduk justru bisa membuat kita terkena dampak yang berbahaya bagi kesehatan.

Primrose Freestone, pakar biologi dari universitas tersebut menyebutkan bahwa di toilet umum, kita bisa menemukan beberapa bakteri dan virus yang memicu masalah kesehatan seperti campylobacter, enterococcus, e.coli, salmonella, rotavirus, dan lain-lain. Hanya saja, risiko untuk tertular bakteri dan virus tersebut cenderung minim meskipun kita tetap duduk di kloset. Hal ini disebabkan oleh kontaminasi bakteri dan virus tersebut justru sebagian besar berasal dari makanan atau tangan yang dipakai saat kita mengonsumsi makanan tersebut.

Jika kita jongkok di atas toilet duduk, maka kita pun akan lebih rentan terkena cedera dan membuat otot pada bagian dasar panggul mengalami ketegangan. Hal ini bisa membuat air seni justru sulit untuk keluar sehingga kita pun akan lebih rentan terkena infeksi saluran kemih. Selain itu, toilet duduk tidak didesain untuk digunakan dalam posisi jongkok sehingga rentan untuk rusak dan memicu cedera pada tubuh kita.

Melihat adanya fakta ini, jangan ragu untuk memakai toilet duduk. Hanya saja, jika kita memang kita sangat khawatir akan bakteri dan kuman, kita bisa memakai tisu antiseptik untuk membersihkan dudukannya terlebih dahulu.