Awas! Ini 3 Bahaya jika Ibu Hamil Konsumsi Mie Instan

Risiko-bumil-mie-instan-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Else Hui

DokterSehat.Com– Mie instan menjadi salah satu bahan makanan sumber karbohidrati yang cukup banyak dikonsumsi di Indneia. Tak heran, karena mie instan memang cenderung praktis dibuat dan mengenyangkan. Meskipun enak, sayangnya konsumsi mie instan pada ibu hamil justru menimblukan banyak gangguan dan bahaya bagi kesehatan kehamilan, lho.

Apa saja kandungan zat dan gizi yang ada pada mie instan?

Gangguan kesehatan yang akan terjadi jika ibu hamil mengonsumsi mie instan tentu bukan serta merta terjadi. Hal ini sangat dipengaruhi kandungan zat dan gizi yang ada pada mie instan.

Umumnya, kandungan yang ada pada mie instan berupa zat yang terbentuk atau ditambahkan pada proses pengawetan mie yang membuat konsumsi mie instan harus dilakukan dengan cermat.

Selain itu, kandungan bahan pengawet, utamanya pada bumbu mie instan, terbukti memengaruhi kesehatan umum tubuh ibu hamil.

Beberapa kandungan mie instan tersebut diantaranya:

1. Penambahan natrium polifosfat

Zat natrium polifosfat adalah bahan tambahan makanan yang ditambahkan pada produk mie instan dengan tujuan membuat tekstur mie instan menjadi lebih kenyal.

Sayangnya penggunaan zat ini dinilai memengaruhi kesehatan, utamanya ibu hamil, karena membuat asupan zat pengawet berlebihan.

2. Tinggi natrium dan monosodium glutamat atau MSG

Sudah menjadi rahasia umum jika kandungan garam atau natrium dan MSG pada mie instan termasuk tinggi. Hal ini disebut membuat konsumsi mie instan menjadi sangat gurih menciptakan rasa khas pada mie.

Kedua zat inilah yang menyebabkan kita seakan tak bisa berhenti imakan mie instan.

Lalu, apa saja bahaya yang ditimbulkan dari konsumsi mie instan pada ibu hamil?

Dari dua kadungan yang ada pada mie instan tersebut, kondisi ibu hamil yang sedang rentan dan sesnitif berisiko mengalami:

1. Asupan kalori berlebihan menyebabkan obesitas

Kerap dianggap sepele, nyatanya asupan kalori yang berlebihan dalam tubuh ibu hamil tidak sebaiknya terjadi, lho. Mengapa?

Kalori yang berlebihan membuat ibu hamil akan membuat asupan makanan yang dikonsumsi ibu tidak sesuai kebutuhan gizinya selama kehamilan. Jika ini terjadi terus menerus, tentu bukan tak mungkin ibu hamil mengalami peningkatkan berat badan. Kondisi ini tentu cukup berbahaya jika terjadi pada kehamilan karena mengganggu kesehatan ibu hingga persalinann.

Pada ¾ bagian dari satu bungkus mie instan, kandungan kalorinya lebih tinggi dari mie. Hal inilah yang membuat konsumsi mie sebaagai pengganti nasi harus diperhatikan betul agar asupan kalori ibu tidak berlebihan.

2. Ibu hamil jadi ingin makan terus hingga asupan gizi tidak terkontrol

Nafsu makan yang meningkat sangat wajar terjadi, apalagi jika ibu hamil telah mengonsumsi mie instan. Hal ini terjadi karena kandungan garam dan MSG pada mie instan bisa membuat tubuh seakan ketagihan.

Kondisi ini jika terjadi pada ibu hamil, akan membuat ibu hamil kesulitan mengontrol pola makannya.

Mirip dengan poin nomor satu, kelebihan berat badan hingga obesitas akan terjadi jika keinginan makan ibu hamil adalah makanan yang rendah gizi atau makanan yang juga memiiki kandungan MSG dan garam yang tinggi.

3. Peningkatkan tekanan darah

Kita tentu tahu bahwa konsumsi garam akan menyebabkan tekanan darah meningkat atau hipertensi, ya. Hal ini juga sama pada ibu hamil, kandungan garam dan MSG yang tinggi pada mie membuat risiko hipertensi pada ibu semakin besar.

Padahal kondisi peningkatan tekanan darah sebisa mungkin dihindari pada ibu hamil karena akan mengganggu peredaran darah, pusing dan kondisi kesehatan kehamilan ibu yang lainnya.