Bahaya Makan Gorengan dan Minuman Manis Bersamaan

gorengan-doktersehat
Photo Source: Twitter.com/infobdg

DokterSehat.Com– Banyak orang yang sengaja mengonsumsi gorengan bersamaan dengan minuman dingin dengan rasa manis seperti es teh, es sirup, dan minuman lainnya. Biasanya, hal ini dilakukan saat mengobrol bersama dengan teman-teman atau saat menonton acara televisi. Masalahnya adalah, pakar kesehatan menyebut kebiasaan makan gorengan bersamaan dengan minuman manis ini bisa berbahaya bagi kesehatan.

Pakar kesehatan menyebut gorengan sebagai makanan yang kaya akan kandungan lemak tidak sehat dan kolesterol. Kandungan kalori di dalam gorengan juga sangat banyak. Hal ini berarti, jika kita mengonsumsi gorengan terlalu sering, maka kita akan lebih berisiko terkena kenaikan berat badan, kenaikan kolesterol, dan risiko untuk terkena penyakit jantung atau stroke. Sementara itu, minuman manis seperti es teh biasanya kaya akan kandungan gula yang bisa menyebabkan risiko diabetes.

Mengonsumsi gorengan dan es manis bersamaan akan membuat asupan kalori menjadi berlebihan, apalagi jika hal ini dilakukan di waktu antara makan besar. Jika kita juga terbiasa tidak melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya, maka risiko untuk terkena masalah kesehatan yang cukup serius pun semakin meningkat.

Sebenarnya, mengonsumsi gorengan masih boleh untuk dilakukan, namun kita sebaiknya harus membatasinya sekitar satu atau dua buah saja setiap hari. Selain itu, ada baiknya kita juga menggorengnya sendiri alih-alih membelinya di penjual gorengan.

Meskipun memiliki rasa yang enak, seringkali gorengan yang dijual di pinggir jalan diolah di dalam minyak yang sudah dipakai berkali-kali hingga menghitam. Selain itu, gorengan ini juga memiliki kandungan minyak yang sangat banyak.

Jika kita ingin menggorengnya sendiri, kita bisa menggorengnya dengan minyak yang masih baru dan yang berjenis lebih sehat. Selain itu, kita juga bisa meniriskannya di tisu masak sehingga jumlah minyaknya bisa dikurangi.

Sementara itu, ada baiknya kita memang mulai menurunkan asupan minuman manis, termasuk teh, kopi, es buah, es cendol, dan minuman manis lainnya. Kandungan gula di dalam minuman-minuman ini sangatlah tinggi sehingga bisa membahayakan kesehatan tubuh. Ada baiknya kita mengonsumsi air putih dan yang bersuhu normal, bukannya dingin. Meskipun tidak sesegar air dingin atau air es, air putih dengan suhu normal lebih aman bagi kesehatan tubuh.