Efek Samping Obat Lutenyl bagi Kesehatan

DokterSehat.Com –┬áMungkin banyak dari Anda yang belum pernah atau mungkin belum mengetahui dan bertanya lutenyl obat apa? Lutenyl adalah salah satu jenis obat yang memiliki kandungan turunan dari hormon progesteron. Hormone progesteron merupakan salah satu hormon yang paling banyak terdapat pada wanita, karena hormon progesteron inilah yang membantu wanita dalam mematangkan organ reproduksi wanita.

Efek Samping Lutenyl

Namun demikian, meskipun memiliki banyak sekali manfaat untuk pembentukan hormon progesteron dan juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan juga sakit pada saat haid atau menstruasi, obat lutenyl tenyata juga memiliki beberapa efek samping akibat dari penggunaannya. Namun demikian, efek samping yang ditimbulkan oleh obat lutenyl tidak terlalu berbahaya.

Apa saja efek samping dari penggunaan lutenyl pada wanita? Berikut ini adalah beberapa efek samping lutenyl pada wanita:

1. Meningkatkan berat badan

Efek samping lainnya dari lutenyl adalah dapat meningkatnya berat badan. Ya, aktivitas hormon progesteron di dalam tubuh Anda dapat memicu nafsu makan, sehingga hal ini dapat menyebabkan berat badan menjadi naik dan bertambah. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini, karena slama Anda masih bisa mengontrol asupan makanan, maka meningkatnya berat badan ini tiak akan menjadi masalah yang serius yang harus Anda hadapi.

2. Dapat menyebabkan sulit tidur

Mengonsumsi obat lutenyl, meskipun dalam jumlah yang wajar dan sesuai aturan, juga memiliki efek samping berupa gangguan tidur. Hal ini disebabkan oleh kondisi hormon yang sedang diproduksi, membuat tubuh menjadi merasa lebih aktif dan akan memberikan efek sulit tidur atau insomnia. Beberapa penyebab insomnia adalah karena adanya aktivitas hormon di dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi sulit untuk rileks dan juga beristirahat.

Efek dari insomnia ini biasanya adalah tubuh menjadi terasa sangat lelah dan juga letih, munculnya kantung mata, sulit konsentrasi, mudah mengantuk, dan juga dapat menyebabakan munculnya gejala pusing dan juga sakit kepala.

3. Dapat menyebabkan gangguan menstruasi

Penggunaan obat lutenyl yang tidak sesuai aturan, baik itu berlebihan atau overdosis, dan juga penggunaan lutenyl secara asal-asalan malahan dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada menstruasi. Ya, gangguan menstruasi ini dapat muncul karena penggunaan lutenyl yang tidak sesuai aturan akan membuat keseimbangan dari hormon progesteron di dalam tubuh menjadi tidak baik, sehingga menyebabkan gangguan menstruasi.

Gangguan yang paling sering muncul adalah berupa tidak teraturnya siklus menstruasi, serta munculnya pendarahan yang tidak biasanya dan juga berlebihan ketika sedang mengalami menstruasi.

4. Dapat menyebabkan pendarahan

Ternyata, walaupun lutenyl mampu untuk menghentikan pendarahan pada saat menstruasi, dan juga mengurangi pendarahan pada rahim, lutenyl juga dapat menyebabkan efek samping berupa pendarahan. Hal ini dapat terjadi terutama ketika Anda yang seharusnya tidak perlu mengonsumsi lutenyl, tapi tetap mengonsumsi lutenyl. Atau bisa juga terjadi ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi obat lutenyl itu sendiri. Hal ini tentu saja memiliki dampak yang cukup buruk, meskipun tidak terlalu berbahaya.

Munculnya pendarahan, terutama akibat dari penyalah gunaan obat lutenyl, yang dapat memicu pendarah ini dapat menyebabkan tubuh menjadi terasa sangat lemas karena kekurangan suplai darah, serta dapat menurunkan imunitas dan juga daya tahan tubuh, sehingga rentan terserang penyakit.