Awas, Inilah Bahaya Ketika Anda Melakukan Diet Ekstrem

doktersehat-diet-medifast

DokterSehat.Com– Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, tidak sedikit orang yang melakukan diet. Pasalnya, diet adalah salah satu cara dan metode untuk menurunkan berat badan tubuh yang telah terbukti hasilnya. Selain itu, begitu banyak jenis diet yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Adapun jenis diet yang familiar digunakan misalnya diet keto, diet vegan, dan diet mayo.

Namun, tidak sedikit pula orang yang melakukan diet keras yang biasa disebut dengan diet ekstrem. Hal tersebut dilakukan karena obsesi yang terlalu tinggi pada tubuh kurus. Padahal, melakukan diet ekstrem sama saja dengan menyiksa tubuh. Mengapa demikian? Sebab, diet ekstrem sama sekali tidak dibenarkan oleh ahli gizi karena akan menimbulkan berbagai dampak negatif bagi kesehatan.

Apa saja dampaknya? Berikut diantaranya:

  • Metabolisme Kacau

Jika Anda melakukan diet ekstrem, maka salah satu masalah yang akan timbul adalah metabolisme menjadi kacau. Bukannya mendapat bentuk tubuh yang ideal, justru Anda hanya akan mendapat masalah kesehatan. Sebab, saat metabolisme di dalam tubuh menjadi kacau, maka akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti gangguan pencernaan serta obesitas akibat lemak yang menumpuk.

  • Elektrolit tidak Seimbang

Selain mengganggu metabolisme, diet ekstrem juga akan mempengaruhi keseimbangan elektrolit di dalam tubuh Anda. Hal ini sangat sering terjadi dan dampaknya sangat mengkhawatirkan, salah satunya memengaruhi fungsi kardiovaskular. Jika sudah begini, Anda akan tidak bergairah dalam melakukan aktivitas sehari-hari, bahkan tidak sedikit orang yang sampai jatuh pingsan karenanya.

  • Kekebalan Tubuh Menurun

Bagaimanapun juga, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. Hal itu digunakan sebagai pelindung tubuh agar tak mudah terserang penyakit. Namun, jika Anda melakukan diet yang super ketat, maka asupan nutrisi pun berkurang. Akibatnya, kekebalan tubuh menurun sehingga Anda menjadi lebih mudah jatuh sakit.