Bahaya Darah Tinggi Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Tips Memilih Obat Darah Tinggi

DokterSehat.Com– Tekanan darah merupakan salah satu hal yang perlu diawasi saat hamil, terutama bagi wanita yang memiliki tekanan darah tinggi sebelum hamil. Tekanan darah tinggi saat hamil dapat menyebabkan beberapa komplikasi kehamilan dan dapat berbahaya bagi ibu dan janin.

Beberapa jenis darah tinggi selama kehamilan

Darah tinggi selama kehamilan ada beberapa jenis, yaitu:
1. Hipertensi gestasional
Hipertensi gestasional umumnya terjadi pada usia kehamilan 20 minggu dan tidak ada kelebihan protein dalam urun atau tanda kerusakan organ. Pada wanita yang mengalami hipertensi gestasional umumnya mengalami preeklamsia.

2. Hipertensi kronik
Hipertensi kronik terjadi sebelum hamil atau sebelum usia kehamilan 20 minggu. Kondisi ini umumnya tidak disertai dengan gejala khusus sehingga perlu pengecekan dengan rutin.

3. Hipertensi kronik dengan preeklamsia
Kondisi ini ditandai dengan adanya protein di dalam urin dan komplikasi kesehatan lainnya selama kehamilan.

4. Preeklamsia

Preeklamsia adalah kondisi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan tanda kerusakan pada sistem organ lain. Menurut penelitian terbaru, ibu hamil tetap berisiko mengidap preeklamsia walaupun tidak ditemukan protein dalam urinnya.

Risiko tekanan darah tinggi selama hamil

Tekanan darah tinggi selama hamil dapat menyebabkan beberapa komplikasi kehamilan seperti berkurangnya aliran darah ke plasenta, prematur, penyakit jantung dan gangguan plasenta seperti solusia plasenta.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi saat hamil

Mengingat bahayanya tekanan darah tinggi saat hamil, maka sebaiknya ibu hamil rutin memantau tekanan darah selama kehamilan. Salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah. Beberapa obat-obatan untuk darah tinggi dapat memengaruhi perkembangan bayi, namun hal ini tetap perlu dilakukan untuk menjaga keselamatan ibu dan bayi.

Selain mengonsumsi obat dengan rutin, beberapa perawatan yang diperlukan untuk menjaga tekanan darah adalah dengan memiliki gaya hidup sehat seperti makan makanan sehat, menghindari rokok dan alkohol, serta rutin berolahraga.