9 Akibat Merokok dan Bahayanya untuk Kesehatan

Akibat Merokok dan Bahaya Merokok

DokterSehat.Com – Akibat merokok dan beragamnya penyakit yang disebabkan karena merokok tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Bahaya rokok dan dampak rokok bagi kesehatan memang sudah dicantumkan dalam bungkus rokok yang dijual di pasaran.

Namun, mengapa masih saja banyak orang yang ragu untuk berhenti merokok, sekalipun anjuran untuk tidak merokok gencar dilakukan oleh banyak pihak terutama karena menyangkut masalah kesehatan?

Menurut WHO, dalam setiap batang rokok mengandung sekitar 4 ribu racun kimia yang berbahaya. Hal ini cukup menjelaskan bahwa akibat merokok sangatlah fatal terutama bagi kesehatan tubuh manusia.

Pengertian bahaya merokok dapat diartikan sebagai munculnya penyakit akibat merokok mulai dari selaput lendir yang rusak sampai kanker. Untuk Anda yang belum mengetahui penyakit akibat merokok dan pengertian bahaya merokok, sebaiknya Anda menyimak bahaya merokok bagi pria dan wanita di bawah ini.

9 Akibat Merokok & Bahaya Merokok untuk Kesehatan

1. Banyak penyakit yang dipicu karena rokok

Penyakit-penyakit yang ditimbulkan akibat merokok misalnya adalah impotensi, kanker mulut, kanker bibir, kanker kulit, kanker kerongkongan, dan penyakit paru-paru.

2. Tenggorokan sakit secara terus menerus

Hal ini disebabkan oleh masuknya asap ke tenggorokan sehingga pada jaringan pernapasan akan terjadi iritasi. Mungkin Anda tidak terlalu khawatir jika hanya masalah iritasi pada tenggorokan. Namun yang sangat dikhawatirkan yaitu hancurnya rambut-rambut kecil disepanjang tenggorokan akibat merokok. Ini akan memudahkan partikel berbahaya masuk secara langsung ke paru-paru dan akan mengakibatkan meningkatnya infeksi pada paru-paru.

3. Meningkatkan keasaman pada lambung

Ada tanda-tanda khusus yang muncul ketika bahaya merokok yang satu ini sudah mulai terjadi di tubuh Anda. Awalnya Anda akan mengalami sakit perut yang parah yang disebabkan oleh meningkatnya asam lambung akibat merokok. Kemudian juga akan muncul gangguan-gangguan pada tubuh dan penyakit lainnya sehingga dapat terjadi komplikasi di dalam tubuh.

4. Susah untuk bernafas

Biasanya tanda-tanda awal akibat merokok yaitu gangguan pada pernapasan yang dilanjutkan dengan batuk secara terus menerus dan dapat mengakibatkan komplikasi lain yang terjadi di dalam tubuh. Segeralah  hubungi dokter jika anda mulai merasakan susah untuk bernafas.

5. Kerusakan otak dan indera

Mungkin Anda tidak pernah menyadari bahwa salah satu bahaya merokok dalam jangka panjang adalah menyebabkan kerusakan otak dan indera. Kerusakan otak dan indera ini disebabkan karena racun rokok yang terus-menerus diasup oleh perokok, terutama nikotin akan mencapai otak untuk mengubah struktur kimiawi otak. Selain itu, merokok juga bisa menyebabkan stroke karena rokok dapat mempengaruhi sistem peredaran darah di pembuluh arteri.

6. Melemahkan daya tahan tubuh

Anda ingin selalu sehat dan kuat? Anda ingin selalu menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima? Salah satu cara untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang prima untuk menangkal berbagai macam penyakit adalah dengan menghindari rokok. Salah satu bahaya merokok bagi pria dan wanita yang patut Anda waspadai memang efek negatif rokok terhadap daya tahan tubuh. Racun dalam rokok dapat melemahkan sistem imun sehingga perokok lebih berpotensi untuk memiliki daya tahan tubuh yang lemah dibanding orang yang bukan perokok.

7. Membahayakan kehamilan

Pada setiap bungkus rokok tentunya selalu dicantumkan bahwa rokok yang diperjualbelikan tersebut dilarang untuk diberikan pada anak berusia di bawah 18 tahun dan wanita hamil. Tentu saja, akibat merokok yang perlu untuk diwaspadai selanjutnya adalah potensi rokok untuk membahayakan kehamilan. Hal tersebut dikarenakan rokok menghasilkan karbon monoksida yang bisa menghambat aliran oksigen untuk bayi di dalam kandungan.

8. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Bukan rahasia lagi jika seseorang yang perokok memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang bukan perokok. Seorang perokok berat berisiko lebih tinggi untuk mengalami kerusakan arteri koronaria, serta mengalami penebalan dinding pembuluh darah jantung. Adanya perubahan struktur jantung sebagai bahaya merokok ini tentu meningkatkan risiko untuk mengalami penyakit jantung yang bisa membahayakan keselamatan jiwa.

9. Membangkitkan respon autoimun

Salah satu penyakit bahaya rokok lainnya yang perlu Anda waspadai juga adalah terjadinya respon autoimun yang tidak diharapkan. Bagi seseorang yang di dalam tubuhnya membawa risiko gen penyebab autoimun, asupan rokok akan membuat tubuh bereaksi terhadap racun yang masuk ke dalam peredaran darah. Akibatnya, gen autoimun akan aktif dan hal tersebut seringkali dikenal sebagai penyakit lupus.

Sebaiknya Anda tidak perlu menunggu tubuh Anda memberikan sinyal kepada anda akibat merokok. Tetapi setidaknya anda segera sadar akan akibat merokok yang membahayakan bagi diri Anda dan bahkan orang-orang di dekat anda akibat merokok pasif.

Jadi sudah saatnya Anda berhenti merokok agar hidup menjadi lebih sehat. Dan bagi Anda yang belum pernah merokok, jangan pernah mencoba merokok karena kesehatan anda menjadi jaminannya.