7 Bahaya Cat Rambut yang Mengintai Anda

kandungan-cat-rambut-doktersehat
Photo by Sharon McCutcheon from Pexels

DokterSehat.Com – Tak sedikit orang yang tertarik dan mulai berpikir untuk mewarnai rambut. Akan tetapi, jarang yang mengetahui bahwa ada beberapa bahaya cat rambut yang bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Sebelum mewarnai rambut, sebaiknya Anda mengetahui bahaya mewarnai rambut ini. Ketahui juga jenis pewarna rambut dan kandungan zat berbahaya pada cat rambut.

Jenis-jenis cat rambut

Berdasarkan efeknya terhadap pewarnaan pada rambut, cat rambut dibagi menjadi tiga jenis. Ketiga jenis cat rambut tersebut yaitu sementara atau semi permanen, demi permanen, dan permanen.

Simak penjelasan masing-masing jenis cat rambut di bawah ini:

1. Cat rambut semi permanen (sementara)

Cat rambut semi permanen ini adalah jenis cat rambut yang efeknya paling ringan di antara jenis lainnya. Jika Anda menggunakan cat rambut semi permanen, maka warna asli rambut Anda tetap ada dan warnanya terganti di bagian luar saja.

Hal tersebut terjadi karena pewarna rambut sementara memiliki kandungan pewarna dengan ukuran molekul yang kecil sehingga mudah keluar dari batang rambut dengan shampo. Warna rambut pun mudah kembali ke warna asli.

2. Cat rambut setengah permanen

Pada tingkat selanjutnya, ada jenis cat rambut setengah permanen atau demi permanen. Cat rambut setengah permanen memiliki efek pewarnaan yang lebih tahan lama dibanding cat rambut semi permanen.

Ukuran molekul warna pada cat rambut ini berukuran lebih besar dari cat rambut semi permanen. Hal ini menyebabkan warna buatan pada rambut lebih susah untuk dihilangkan dengan shampo.

Anda harus memberikan shampo dengan frekuensi yang lebih banyak untuk bisa mengembalikan warna asli rambut. Jenis cat rambut tingkat 2 ini bisa jadi permanen jika rambut Anda sudah diwarnai sebelumnya.

3. Cat rambut permanen

Cat rambut tingkat 3 adalah cat rambut permanen. Secara sekilas, mungkin Anda telah menangkap bahwa cat rambut permanen ini memiliki efek pewarnaan rambut yang permanen. Warna rambut asli Anda akan hancur dan terganti dengan warna dari cat rambut.

Anda harus menunggu rambut Anda tumbuh hingga warna buatan dari cat tersebut terganti dengan pigmen asli dari rambut baru. Amonia dan peroksida juga hadir di dalam kandungan cat rambut permanen sehingga turut mencerahkan rambut.

Baca Juga: Henna Tangan: Bahaya & Cara Pakai yang Aman

Kandungan cat rambut

Cat rambut yang biasa dijual merupakan cat rambut sintetis yang terbuat dari beberapa kandungan zat kimia. Bahaya cat rambut datang melalui beberapa kandungan zat yang ada di dalam pewarna rambut.

Berikut ini adalah beberapa kandungan cat rambut:

1. Paraphenylenediamine (PPD)

Paraphenylenediamine (PPD) adalah kandungan yang sangat berbahaya di dalam cat rambut. Kandungan berbahaya ini juga ada di dalam henna sintetis. PPD dapat mengakibatkan reaksi alergi atau masalah kulit.

Bahaya mewarnai rambut dari zat ini juga bisa menimbulkan luka bakar pada area kulit yang kena paparan. Meskipun jarang terjadi, tetapi PPD ini juga bisa memicu syok anafilaksis. Sekedar informasi, beberapa produsen telah mengganti istilah PPD menjadi istilah lain.

2. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida juga merupakan kandungan cat rambut yang perlu diwaspadai. Hal ini dikarenakan hidrogen peroksida dapat membuat rambut semakin mengembang dan mengeras.

3. Resorsinol

Anda perlu waspada jika menggunakan cat rambut yang mengandung resorsinol. Bahaya cat rambut berupa iritasi kulit dikarenakan adanya kandungan resorsinol. Selain itu, resorsinol juga memicu terjadinya reaksi alergi.

4. Amonia

Amonia bisa menyebabkan masalah pada kulit dan sistem pernapasan sehingga sering kali dianggap racun. Beberapa cat rambut telah mengganti amonia dengan ethanolamine sehingga lebih aman.

5. DMDM Hydantoin

Hampir semua cat rambut sintetis mengandung zat pengawet, yaitu DMDM Hydantoin. Kandungan DMDM Hydantoin di dalam pewarna rambut juga bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.

6. Lead Acetate

Bahaya cat rambut bisa mengakibatkan penyakit kanker. Lead acetate adalah kandungan cat rambut yang memiliki kontribusi akan hal ini.

7. Coal tar

Sebagian besar cat rambut mengandung coal tar. Coal tar ini bisa menyebabkan penyakit kanker pada manusia dan juga hewan.

Bahaya cat rambut bagi kesehatan tubuh

Penggunaan cat rambut tidaklah lepas dari efek negatif. Beberapa bahaya telah mengintai Anda jika menggunakan cat rambut sintetis terutama yang tidak memiliki standar di dalam proses produksi.

Inilah beberapa bahaya cat rambut bagi kesehatan tubuh:

1. Menyebabkan iritasi kulit

Cat rambut sintetis mengandung bahan-bahan yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Iritasi ini sering terjadi pada kulit kepala, wajah dan leher. Orang yang telah mengalami iritasi kulit karena cat rambut biasanya merasakan gatal atau perih di bagian yang teriritasi.

2. Mata memerah

Penggunaan cat warna rambut seyogyanya harus dilakukan secara hati-hati. Bahaya mewarnai rambut bisa menimbulkan konjungtivitis atau mata memerah jika ada zat yang terkena bagian mata.

Baca Juga: Cara Memilih Cat Rambut yang Aman

3. Memicu reaksi alergi

Adanya kandungan resorsinol dan kandungan toksik lainnya di dalam cat rambut bisa memicu terjadinya reaksi alergi. Reaksi alergi ini biasanya ditandai dengan gatal-gatal dan ruam pada kulit.

4. Menurunkan tingkat kesuburan

Semua orang tentunya ingin memiliki keturunan yang akan menjadi generasi penerus. Namun, penggunaan cat rambut sintetis yang berbahaya bisa mengancam impian ini. Fertilitas Anda bisa terganggu karena zat kimia tertentu di dalam cat rambut.

5. Membahayakan janin

Sebaiknya, ibu hamil tidak menggunakan pewarna rambut sintetis. Bahaya cat rambut pada ibu hamil bisa memengaruhi tumbuh kembang dan keselamatan bayi. Ibu hamil bisa mewarnai rambut dengan pewarna alami seperti buah bit, lemon madu, dan lainnya.

6. Melemahkan sistem kekebalan tubuh

Jangan heran bila banyak orang yang telah mewarnai rambutnya cenderung mudah sakit. Sistem kekebalan tubuh Anda bisa mengalami penurunan karena terkontak dengan zat-zat kimia berbahaya yang ada di dalam cat rambut.

7. Menyebabkan penyakit kanker

Bahaya cat rambut juga bisa menyebabkan penyakit kanker. Zat-zat kimia yang ada di dalam cat rambut memiliki sifat karsinogen. Kebanyakan orang akan menghindari bahaya mewarnai rambut yang ini karena bisa menimbulkan kematian.