Sering Makan Camilan Super Pedas, Kantung Empedu Bisa Rusak

keripik-pedas-doktersehat
Photo Source: ksmtour.com

DokterSehat.Com– Ada banyak sekali camilan super pedas yang bisa kita temukan di berbagai tempat, baik itu camilan kemasan seperti keripik pedas atau bahkan jajanan di pinggir jalan seperti seblak yang tentu akan kurang mantap jika tidak memiliki rasa yang pedas. Yang menjadi masalah adalah, dibalik kenikmatan mengonsumsi camilan super pedas ini, ada dampak buruk yang bisa dirasakan oleh tubuh, khususnya bagi kantung empedu.

Meskipun makanan super pedas bisa menyiksa, dalam realitanya kita bisa ketagihan saat mengonsumsinya. Hal ini disebabkan oleh kandungan capsaicin di dalam cabai yang bisa memberikan sensasi pedas ini juga mampu merangsang tubuh melakukan sekresi endorphin, hormon yang bisa membuat kita merasa lebih tenang, bahagia, dan menghilangkan stres. Karena alasan inilah kita merasakan sensasi rileks dan puas meski harus kepedasan dan kepanasan.

Hanya saja, meskipun tubuh memang cukup kuat untuk mengatasi rasa pedas, organ dalam kita sangat menderita akibat paparan capsaicin yang sangat berlebihan. Sebagai contoh, dalam sebuah kasus yang diungkap oleh Live Science, seorang remaja dari Amerika Serikat bernama Rene Craighead sampai harus menjalani operasi kantung empedu gara-gara hobi mengonsumsi camilan super pedas.

Sebagai informasi, kantung empedu adalah sebuah organ yang berukuran kecil dekat dengan liver kita. Fungsi dari organ ini adalah melepaskan empedu ke usus demi mencerna lemak yang kita konsumsi. Menurut dr. Sabrena Noria dari Ohio State University Wexner Medical Center, tatkala kita mengonsumsi makanan sangat pedas, maka makanan ini akan segera diolah di lambung dan usus tanpa melewati kantung empedu, namun, organ ini akan mengalami peradangan akibat sensasi pedas dan tingginya kadar lemak pada camilan ini.

Semakin banyak lemak yang masuk, semakin keras kinerja kantung empedu demi menghasilkan empedu yang dipakai untuk memetabolisme lemak. Ditambah dengan sensasi panas yang luar biasa, maka organ yang bekerja dengan terlalu keras ini bisa saja mengalami kerusakan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak sembarangan dalam mengonsumsi camilan super pedas atau makanan berminyak agar tidak mengalami masalah pencernaan, termasuk kerusakan kantung empedu.