Terbit: 11 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu makanan cepat saji yang digemari oleh anak muda adalah burger. Rasanya memang sangat enak dan bisa mengganjal perut ketika sedang lapar. Sayangnya, sudah menjadi rahasia umum jika burger termasuk dalam junk food yang sangat tidak baik bagi kesehatan.

Efek Makan Burger Bisa Bikin Stres?

Dilansir dari Daily Mail, daging olahan dan minuman bergula digolongkan sebagai makanan dan minuman yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Kerap mengonsumsinya bisa membuat kita lebih rentan terkena berbagai masalah kesehatan, baik itu psikis maupun fisik. Hal ini disebabkan oleh bahan utama dari burger, yakni daging olahan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 2.000 pria di Inggris, terdapat fakta bahwa mengonsumsi daging olahan seperti yang ada dalam burger, sosis, dan lain sebagainya bisa memicu datangnya stres atau depresi.

Sementara itu, pakar kesehatan Anu Ruusunen dari Finlandia menyebutkan bahwa ada baiknya kita mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan demi mencegah datangnya masalah stres atau depresi dengan lebih baik.

Ruusunen juga berkata bahwa jika kita rutin mengonsumsi sayur, buah, biji-bijian, buah berry, daging ikan, keju rendah lemak, dan daging unggas, maka risiko untuk terkena gangguan psikis bisa ditekan. Selain itu, ada baiknya kita juga memperbanyak makanan yang kaya akan kandungan asam folat demi mencegah sekaligus mengatasi stres.

Melihat adanya dampak buruk dari konsumsi burger, ada baiknya memang kita tak lagi sering mengonsumsinya meskipun rasanya memang enak. Pilihlah makanan lainnya yang jauh lebih sehat demi mencegah datangnya masalah kesehatan pada tubuh dan pikiran.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi