Minum Air dari Botol Bisa Bikin Sakit?

minum_air_berbuka_puasa_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/Habibah Agianda

DokterSehat.Com– Semakin banyak orang yang kini membawa botol minuman kemanapun mereka pergi. Meskipun memang kita bisa membeli air kemasan di berbagai tempat, membawa botol minuman dianggap sebagai salah satu cara yang efektif untuk berhemat sekaligus mencegah dehidrasi. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, bisa jadi kebiasaan membawa botol air ini bisa membuat kita jatuh sakit. Kok bisa?

Dilansir dari Times of India, karena diisi dengan air minum, maka lingkungan di bagian dalam botol tentu saja akan berubah menjadi lembap. Yang menjadi masalah adalah, lingkungan yang lembap sangatlah ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

Jika kita jarang mencuci atau membersihkan botol minuman kita, maka bisa jadi bakteri yang berkembang ini adalah yang bisa memicu datangnya penyakit seperti keracunan makanan.

Tak hanya bagian dalam botol, tutup botol juga sebaiknya rajin-rajin kita bersihkan setiap hari mengingat tanpa sadar terkadang kita meletakannya di berbagai tempat saat membuka botol. Kita bahkan sebaiknya memakai sikat khusus untuk membersihkannya hingga ke bagian yang dalam demi menghilangkan berbagai kotoran atau residu yang mengendap.

Terdapat sebuah cara yang bisa membuat kita bisa menghilangkan bakteri dan kotoran dari botol minuman, yakni dengan menggunakan campuran sabun pencuci piring dan air hangat. Setelah memasukkan campuran air hangat dan sabun ini, kita bisa membersihkan botol dan tutupnya dengan sikat.

Setelahnya, bilas botol air ini hingga bersih dan keringkan dengan posisi terbalik dengan bagian tutup botol ditutupi dengan handuk bersih atau tisu agar tidak dimasuki oleh bakteri.

Hanya saja, pastikan bahwa botol minuman yang kita gunakan ini adalah botol yang memang aman untuk dipakai sebagai wadah air minum. Jangan mencuci kembali botol air kemasan karena botol minuman ini memang tidak diperuntukkan untuk diisi ulang.