Sering Bermain Ponsel Sambil Tiduran, Tulang Punggung Gadis Ini Melengkung

skoliosis_ponsel_doktersehat_1
Photo Source: World of Buzz

DokterSehat.Com– Salah satu hal yang sering kita lakukan sebelum tidur atau saat sedang bersantai adalah bermain ponsel. Padahal, menurut pakar kesehatan, kebiasaan ini sangat berbahaya, apalagi jika kita melakukannya sambil tiduran dengan posisi miring.

Dilansir dari World of Buzz, gadis berusia 16 tahun dari Kaohsiung, Taiwan mengalami sakit punggung yang luar biasa sehingga membuatnya dilarikan ke rumah sakit oleh ibunya. Setelah berkonsultasi dengan ahli ortopedi, ia pun harus melakukan pemindaian sinar X. Ia dan ibunya kemudian terkejut tatkala tahu bahwa tulang punggungnya melengkung hingga 50 derajat.

Dokter yang keheranan dengan cedera ini kemudian bertanya tentang kebiasaan sehari-hari sang gadis. Dari situlah didapatkan fakta bahwa pemicunya adalah kebiasaan sang gadis bermain ponsel hingga berjam-jam lamanya sambil tiduran dengan posisi miring ke kanan. Tanpa disadarinya, kebiasaan ini membuat tubuh bagian kanannya mendapatkan tekanan yang jauh lebih besar dan akhirnya mempengaruhi postur tulang punggung.

Sang gadis juga termasuk dalam orang yang malas berolahraga sehingga otot inti pada tubuhnya tidak begitu kuat untuk mendukung tubuhnya berada dalam tekanan besar dalam waktu yang lama. Hal inilah yang kemudian membuatnya terkena skoliosis.

Sang dokter ternyata juga pernah menemukan kasus skoliosis yang disebabkan oleh penggunaan ponsel sebelumnya. Untuk kasus ini, tulang punggung sang pasien melengkung hingga 38 derajat karena selalu menunduk tatkala bermain ponsel.

Melihat adanya fakta ini, jangan terlalu sering bermain ponsel terlalu lama. Selain itu, pastikan untuk selalu menggunakannya dengan postur tubuh yang baik sehingga tidak akan memicu cedera tulang punggung.