Terbit: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memutuskan untuk berhenti olahraga adalah sebuah kesalahan besar yang tak seharuskan dilakukan. Namun, tidak sedikit orang yang melakukan hal ini karena berbagai alasan, misalnya karena pernikahan, pekerjaan, atau kesibukan lain yang tidak bisa ditinggalkan. Padahal, dengan memutuskan untuk berhenti olahraga, ada beberapa gangguan kesehatan yang bisa muncul.

3 Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Ketika Anda Berhenti Olahraga

Dilansir dari laman Boldsky, olahraga adalah salah satu cara menjaga kebugaran tubuh yang wajib dilakukan secara rutin dan berkala. Namun, ketika seseorang memutuskan berhenti untuk berolahraga, maka dia akan mengalami beberapa masalah berikut ini:

1. Tekanan Darah Tak Stabil

Ketika Anda rutin berolahraga, maka tekanan darah pun akan normal dan stabil setiap hari. Namun, ketika Anda memutuskan untuk berhenti berolahraga, maka tekanan darah akan menjadi kacau dikarenakan arteri yang mulai lambat dalam bergerak (kaku) serta vena yang tidak lancar dalam melakukan sirkulasi darah. Biasanya, orang yang berhenti berolahraga akan mengalami tekanan darah tinggi yang berisiko jantung dan stroke.

2. Menurunkan Kinerja Otak

Memutuskan berhenti berolahraga juga bisa berdampak serius pada kinerja otak. Pasalnya, otak akan tetap sehat dan terjaga kemampuannya jika seseorang rutin melakukan olahraga. Namun, ketika sudah tak lagi berolahraga, maka otak akan mengalami penurunan atau kemampuan sehingga Anda akan menjadi lebih lambat dalam berpikir. Bahkan, kemungkinan terburuknya adalah kehilangan memori secara berkala.

3. Perut Buncit

Salah satu risiko yang Anda dapatkan ketika berhenti olahraga adalah akan mendapatkan tubuh yang tidak ideal lagi, contohnya perut buncit. Sebab, lemak yang menumpuk pada tubuh hanya bisa dihilangkan dengan berolahraga. Itu berarti saat Anda memutuskan berhenti untuk olahraga, maka lemak yang menumpuk akan sulit dihilangkan sehingga bisa memicu penumpukan lemak, salah satunya perut buncit.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi