Terbit: 11 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak suka dengan buah pisang? Buah dengan rasa yang manis ini kerap dianggap sebagai salah satu buah yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan seratnya yang sangat tinggi juga disebut-sebut bisa membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Hanya saja, pakar kesehatan justru tidak menyarankan kita untuk berbuka puasa dengan buah pisang.

Meski Menyehatkan, Sebaiknya Jangan Berbuka dengan Pisang

Meskipun kerap dianggap sebagai buah yang bisa mengenyangkan perut, dalam realitanya mengonsumsi pisang saat perut masih dalam kondisi kosong ternyata bisa membuat ketidakseimbangan mineral di dalam tubuh. Sebagai informasi, buah pisang kaya akan magnesium dan kalium sehingga jika kita sembarangan dalam mengonsumsinya, termasuk saat berbuka puasa, dikhwatirkan bisa menyebabkan gangguan pada aliran darah atau bahkan jantung.

Kandungan gula alami di dalam buah pisang ternyata juga cukup tinggi, yakni sekitar 25 persen dari total nutrisi yang ada dalam buah tersebut. Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan asam alami yang bisa memicu gangguan pada usus jika kita mengonsumsinya saat perut masih dalam kondisi kosong.

Makan pisang saat perut berada dalam kondisi kosong seperti saat berbuka puasa hanyalah akan membuat kadar gula darah dan tingkat keasaman dalam tubuh naik dengan drastis. Padahal, hal ini akan bisa berimbas pada tubuh yang lebih cepat merasa lelah dan mengantuk. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah yang hanya akan berlangsung dengan sementara sehingga efek mendapatkan energi pun tidak akan berlangsung dalam waktu yang lama.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita mengonsumsi makanan lainnya saat berbuka puasa. Kurma bisa menjadi pilihan yang jauh lebih baik karena memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa mengembalikan energi tubuh dengan jauh lebih baik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi