Ladies, Inilah Ancaman Serius Jika Sering Begadang

doktersehat-begadang

DokterSehat.Com– Begadang merupakan sebuah kondisi yang mana seseorang masih terjaga hingga larut malam. Dalam kondisi ini, sebenarnya rasa kantuk sudah dirasakan, namun mata tetap dipaksa melek karena beberapa alasan. Alasan yang sering digunakan untuk begadang adalah menyelesaikan tugas kantor yang menumpuk.

Sampai saat ini, semua pakar kesehatan sepakat bahwasanya begadang adalah sebuah aktivitas yang tidak bermanfaat. Sebab, bagaimanapun juga, tubuh membutuhkan istirahat setidaknya delapan jam dalam sehari. Dengan begadang, tentu saja jumlah tersebut akan berkurang. Akibatnya, tubuh menjadi lemas, tak bergairah, dan bisa berpotensi menimbulkan berbagai macam masalah pada tubuh.

Hal ini tak terkecuali, baik pria maupun wanita. Namun, dampak yang paling serius akan dirasakan oleh wanita jika terlalu sering begadang. Apa saja bahayanya begadang bagi wanita? Berikut diantaranya:

1. Obesitas

Ketika seorang wanita sering begadang, maka kemungkinan obesitas akan melonjak drastis. Hal tersebut dikarenakan saat sedang terjaga, otak akan mengirimkan sinyal lapar yang ditandai dengan meningkatnya produksi hormon grelin pada tubuh. Akibatnya Anda akan mengonsumsi makanan apapun, tak terkecuali makanan cepat saji dan cemilan tak sehat.

2. Masalah Kesuburan

Dampak dari begadang yang satu ini memang cukup mengkhawatirkan. Sebab, tidak ada satu wanita pun yang ingin mengalami gangguan kesuburan. Sebab, bagaimanapun juga setiap wanita ingin memiliki seorang anak sebagai penerus keturunannya. Nah, kabar buruknya bagi wanita yang suka begadang adalah akan terjadi penurunan produksi sel telur yang mengakibatkan persentasi kehamilan semakin rendah. Hal ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian, bahwa frekuensi begadang yang terlampau sering, bisa menyebabkan kemandulan bagi wanita.

3. Sistem Imun Menurun

Bagi wanita yang sering begadang, biasanya daya tahan tubuh akan menurun secara drastis. Kondisi itu bisa dilihat dari tubuh yang mudah lelah, padahal tidak melakukan hal apapun. Sebab, ketika begadang, tubuh tidak bisa mengeluarkan racun secara optimal sehingga sistem kekebalan tubuh akan bekerja lebih keras dalam melawan segala macam ancaman kepada tubuh.