Terbit: 18 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebelum tidur, kita biasanya akan minum air agar tidak mudah merasa haus. Hanya saja, pakar kesehatan meminta kita untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak karena hal ini akan memberikan efek buruk bagi kesehatan dan kualitas tidur kita dengan signifikan. Jadi, apa bahaya banyak minum sebelum tidur?

Bahaya, Jangan Terlalu Banyak Minum Sebelum Tidur

Dikutip dari Medical News Today, minum air terlalu banyak sebelum tidur bisa menyebabkan datangnya nocturia, kondisi yang membuat kita ingin buang air kecil dengan berlebihan. Hal ini tentu akan membuat kita sering terbangun dan akhirnya tidak bisa tidur dengan nyenyak. Di pagi hari saat kita bangun tidur, badan pun akan terasa tidak karuan.

Menurut Center for Disease Control and Prevention, rasa haus sebelum tidur memang wajar muncul karena tubuh ingin mencegah dehidrasi. Sebagaimana kita ketahui, saat tidur malam, kita tidak akan mendapatkan asupan cairan apapun dalam waktu yang cukup lama sehingga akan lebih rentan terkena kondisi ini. Hanya saja, saat tidur, tubuh juga akan memperlambat berbagai fungsi organ tubuh, termasuk ginjal. Hal ini akan berpengaruh besar pada produksi urine yang juga ikut menurun dan membuat kita bisa bertahan hingga pagi hari tidak buang air kecil.

Kondisi yang berbeda terjadi jika kita mengonsumsi terlalu banyak air sebelum tidur. Tubuh akan kesulitan untuk memperlambat kinerja ginjal karena ada banyak sekali cairan yang harus diproses. Alhasil, produksi urine juga akan melimpah sehingga membuat kita sering terbangun di malam hari demi buang air kecil.

Meski terlihat sebagai konsekuensi yang wajar terjadi akibat terlalu banyak minum, dalam realitanya nocturia bisa memberikan efek yang jauh lebih buruk. Sebagai contoh, karena kualitas tidur menurun drastis, maka hal ini akan mempengaruhi daya ingat, konsentrasi, dan suasana hati setelah bangun pagi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Selain karena kebanyakan minum, nocturia juga bisa disebabkan oleh kondisi seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, serta depresi. Konsumsi beberapa jenis obat-obatan tertentu juga bisa menjadi pemicunya.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak berlebihan dalam minum air sebelum tidur. Konsumsilah satu gelas saja dan pastikan untuk memenuhi kebutuhan air putih di waktu lain, seperti di siang hari atau malam hari namun tidak dekat dengan waktu tidur.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi