Terbit: 12 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meski kita sudah berusaha untuk membersihkan rumah dan lingkungan sekitarnya, terkadang tetap saja ada banyak lalat yang beterbangan hingga ke dalam rumah. Bahkan, lalat-lalat ini bisa tetap aktif meski di malam hari. Sebenarnya, apakah kondisi ini bisa membahayakan kesehatan?

Banyak Lalat di Dalam Rumah, Apa Dampaknya?

Lalat memiliki banyak bakteri

Lalat termasuk dalam hewan yang jorok. Hal ini disebabkan oleh adanya ratusan spesies bakteri yang hinggap di dalam tubuh lalat. Jika sampai lalat ini menempel pada tubuh kita atau pada makanan yang kita konsumsi, maka tubuh dan makanan ini akan terpapar bakteri yang bisa membahayakan kesehatan.

“Sebenarnya, lalat adalah ‘alat transportasi’ bagi bakteri untuk berpindah ke berbagai tempat dan benda, baik itu tubuh kita ataupun makanan. Berdasarkan peneitian, dihasilkan fakta bahwa kaki dan sayap lalat memiliki banyak sekali jenis bakteri berbahaya. Bakteri-bakteri ini bisa berkembang menjadi pathogen penyebab penyakit,” ungkap Donald Bryant dari Pennsylvania State University, Amerika Serikat.

Keberadaan bakteri pada tubuh lalat ini disebabkan oleh seringnya lalat hinggap ke tempat kotor, termasuk kotoran. Hal ini membuat sisa-sisa kotoran dan bakteri ikut menempel di dalam benda-benda bersih seperti lantai, makanan, atau tubuh kita. Salah satu jenis pathogen yang bisa kita temukan di dalam lalat adalah helicobacter pylori, bakteri yang bisa memicu luka pada usus.

Mengusir lalat dengan bahan alami

Melihat adanya fakta ini, pastikan untuk menutup makanan dengan tudung saji sehingga tidak akan mudah dihinggapi oleh lalat. Selain itu, tempatkan peralatan makan seperti sendok, garpu, atau piring di tempat yang tertutup karena jika sampai dihinggapi oleh lalat, peralatan makan ini akan terpapar bakteri penyebab penyakit. Meskipun makanan yang kita konsumsi higienis, pada akhirnya akan tetap terpapar bakteri yang sudah menempel pada peralatan makan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengusir lalat dari dalam rumah.

  1. Memakai minyak lavender

Minyak lavender dikenal luas sebagai minyak aroma terapi. Padahal, lavender juga dikenal sebagai pengusir serangga, khususnya yang bisa menempel pada pakaian. Mengingat lavender memiliki aroma yang menenangkan, maka kita pun tidak akan terganggu saat menggunakannya namun lalat tidak akan betah dan pergi dari rumah.

Kita bisa menggunakan spons atau kain yang dicelupkan ke dalam minyak lavender. Tempatkan kain-kain atau spons ini di sudut-sudut ruangan demi mengusir lalat.

  1. Sereh

Salah satu bahan tradisional dengan aroma yang harum ini ternyata cukup efektif untuk mengusir lalat. Kita tinggal menggunakan minyak esensial yang dibuat dari sereh dan menjadikannya  semprotan. Jika ada banyak lalat, kita tinggal menyemprotkannya ke kerumunan lalat dan mereka pun akan pergi ke luar rumah karena tidak tahan dengan aromanya.

  1. Daun mint

Daun mint dikenal dengan rasanya yang menyegarkan. Daun ini sering digunakan sebagai tambahan minuman. Daun ini ternyata tidak disukai lalat dan bisa membuat mereka menjauh. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu menjadikannya campuran dengan air. Setelahnya, kita hanya perlu menyemprotkan air daun mint ini ke dalam ruangan untuk mengusir lalat.

  1. Campuran cengkeh dan lemon

Cengkeh yang harum ternyata tidak disukai oleh lalat. Jika dicampurkan dengan lemon, maka kita bisa mengusir serangga yang dikenal gesit dan sangat cepat ini. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu membelah lemon menjadi dua bagian dan menempatkan beberapa butir cengkeh di atas potongan lemon. Kita tinggal menempatkan lemon dan cengkeh ini di sudut-sudut ruangan untuk mengusir lalat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi