Inilah yang Terjadi Jika Asam Urat Tak Cepat Diatasi

doktesehat asam urat pada wanita

DokterSehat.Com– Asam urat merupakan salah satu penyakit yang menyerang sendi, sehingga menyebabkan penderitanya mengalami rasa nyeri di area persendian. Selain itu, juga bisa menyebabkan pembengkakan dan rasa panas pada area yang sama. Rasa sakit tersebut disebabkan oleh tusukan kristal-kristal urat yang terbentuk akibat pengendapan asam urat yang tinggi di dalam darah.

Pada tahap awal, penderita asam urat akan mengalami rasa nyeri pada jari dan lutut, terutama saat bangun tidur di pagi hari. Namun, rasa sakit tersebut hanya berlangsung sebentar dan bisa hilang setelah melakukan aktivitas. Tak jarang mereka banyak yang mengabaikan gejala asam urat. Padahal, asam urat akan semakin memburuk dan bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani, bahkan bisa menimbulkan penyakit lain yang berbahaya. Berikut adalah beberapa jenis penyakit berbahaya yang disebabkan oleh asam urat.

1. Kerusakan Sendi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa asam urat merupakan penyakit yang menyerang sendi. Akibatnya, sendi akan terasa sakit. Jika asam urat dibiarkan dan tidak segera ditangani, maka akan mengakibatkan kerusakan sendi. Hal ini dikarenakan kadar asam urat di dalam darah yang tinggi dan tidak bisa dikontrol sehingga menyebabkan sendi kaku dan tidak bisa digerakkan.

2. Gagal Ginjal

Selain sendi, asam juga bisa menyerang ginjal jika dibiarkan terlalu lama dan tidak segera diobati. Sebab, kristal-kristal asam urat akan terbentuk di ginjal, sehingga dapat berbahaya dan menyebabkan gagal ginjal. Jika ginjal bermasalah, maka sistem pengeluaran Anda juga akan bermasalah. Karena ginjal sendiri mempunyai peranan penting dalam menyaring air seni yang akan dikeluarkan.

3. Jantung

Organ lain yang juga terancam saat asam urat tidak segera ditangani adalah jantung. Kondisi ini terjadi akibat penyumbatan pembuluh nadi koroner atau arteri oleh kristal-kristal asam urat yang dibawa oleh urat. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa penderita asam urat memiliki peluang dua kali lebih besar menderita penyakit jantung koroner daripada seseorang dengan kondisi tubuh yang normal.