Terbit: 8 Mei 2018 | Diperbarui: 9 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pertengkaran dengan pasangan merupakan hal yang wajar dalam rumah tangga. Terkadang hal ini tidak dapat dihindari, termasuk ketika harus terjadi di depan anak. Meskipun wajar bagi orang tua, namun sebisa mungkin hindarilah bertengkar di depan anak. Anak yang sering melihat orang tuanya bertengkar memiliki risiko mengalami gangguan perilaku.

Dampak Negatif Anak yang Sering Melihat Orang Tuanya Bertengkar

Dampak negatif orang tua yang sering bertengkar di hadapan anak

Dalam sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Family Psychology, anak yang sering melihat perselisihan orang tua cenderung memiliki gangguan perilaku dan susah bersosialisasi. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara keluarga dengan konflik tinggi dan keluarga yang rendah konflik.

Pada keluarga dengan tingkat konflik tinggi, anak akan cenderung waspada dengan orang lain sehingga sulit untuk bersosialisasi. Sedangkan pada kelompok anak dengan tingkat konflik rendah, anak-anak akan cenderung lebih tenang dan terbuka pada lingkungan di sekitarnya.

Dalam studi lain yang dilakukan University of York menyebutkan bahwa anak-anak merekam dengan baik apa yang ia lihat dari orang tuanya dan membantu membentuk perilakunya. Sekitar 30% anak yang sering melihat orang tuanya bertengkar cenderung mengalami masalah dalam perilakunya. Selain susah bersosialisasi, anak-anak yang sering melihat kekerasan berisiko dikeluarkan dari sekolah, memiliki masalah emosional dan karir di masa depan.

Banyak orang tua menganggap bahwa anak-anak terlalu kecil untuk mengerti permasalahan yang dihadapi orang tua sehingga meskipun orang tua bertengkar di depan anak, anak tetap tidak akan mengerti permasalahan tersebut. Faktanya, anak bisa merasakan stres yang dirasakan oleh orang tuanya sejak anak berusia 6 bulan.

Bahaya lainnya diungkapkan oleh penelitian yang dilakukan University of California Los Angeles, Amerika Serikat. Dalam penelitian tersebut terungkap bahwa anak yang tumbuh dengan melihat orang tua bertengkar cenderung memiliki risiko masalah kesehatan lebih banyak seperti mudah sakit, depresi, ketergantungan obat, dan kesepian.

So, hati-hati jika harus bertengkar di depan anak ya Mom!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi