Nggak Selalu Nambah Rejeki, Punya Banyak Anak Juga Bisa Memicu Ini

bohong-pada-anak
Designed by Freepik

DokterSehat.Com– Di Indonesia, terdapat sebuah kepercayaan yang masih diyakini oleh banyak orang, yakni memiliki banyak anak bisa memberikan banyak rejeki. Hal ini tentu bertentangan dengan program Keluarga Berencana (KB) yang menyarankan setiap orang tua untuk memiliki dua anak saja. Sebenarnya, menurut pakar kesehatan, memiliki banyak anak juga bisa memberikan kerugian bagi ibu, yakni membuatnya memiliki risiko terkena pikun lebih besar. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dilansir dari Newsweek, Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Ki Woong Kim yang berasal dari Seoul National University College of Natural Sciences menghasilkan fakta tentang dampak buruk memiliki banyak anak bagi seorang ibu. Setelah mengecek 3549 wanita dengan usia 71 dengan anak bungsunya yang memiliki usia rata-rata 46 tahun, dihasilkan fakta bahwa semakin banyak anak yang dimiliki, semakin rentan pula mereka mengalami Alzheimer atau pikun di usia lanjut.

Menurut Profesor Ki, wanita dengan anak lebih dari lima cenderung meningkatkan risiko terkena Alzheimer hingga 70 persen lebih besar jika dibandingkan dengan wanita yang melahirkan satu atau dua anak saja.

Tak hanya wanita dengan anak banyak, wanita yang pernah mengalami keguguran ternyata juga memiliki risiko lebih besar untuk terkena Alzheimer. Hal ini disebabkan oleh kondisi ini yang bisa mempengaruhi hormon di dalam tubuh.

“Ada kemungkinan hal ini dipengaruhi oleh peningkatan kadar hormon estrogen di dalam tubuh yang bisa mencapai 40 kali lipat. Hal ini mempengaruhi kondisi di dalam otak,” ucap Profesor Ki.

Penelitian lain akan dilakukan demi mempelajari hal ini lebih dalam. Diharapkan, di masa depan akan ditemukan cara untuk mencegah datangnya Alzheimer bagi ibu meskipun memiliki anak cukup banyak atau pernah mengalami keguguran.