Terbit: 14 Agustus 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selain bertindak sebagai antiseptik, air garam juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wajah. Air garam dipercaya bagus untuk oil control, mengatasi jerawat, relaksasi kulit, detoksifikasi kulit, exfoliator, hingga bisa juga dijadikan sebagai pengganti toner. Namun dibalik manfaatnya untuk kecantikan tersebut, ternyata terdapat bahaya air garam yang perlu Anda waspadai.

5 Bahaya Air Garam untuk Kulit Wajah Sensitif!

Bahaya air garam untuk kulit wajah ini biasanya dirasakan oleh para pemilik kulit sensitif. Pada dasarnya kulit sensitif memang tidak dapat cocok dengan semua jenis perawatan dan membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Jadi jika Anda memilki kulit yang sensitif sebaiknya Anda berhati-hati dalam memilih perawatan kulit wajah, sekalipun yang berbahan alami.

Bahaya Air Garam untuk Kulit Sensitif

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah, tapi ternyata tidak semua jenis kulit dapat merasakan manfaat dari air garam ini. Berikut adalah 5 bahaya air garam untuk kulit sensitif yang wajib Anda ketahui!

1. Membuat Kulit Kering dan Kusam

Bahaya air garam yang pertama adalah dapat membuat kulit Anda kering. Efek ini tidak hanya akan Anda rasakan ketika menggunakan air garam secara langsung untuk membasuh wajah, tapi juga bisa ketika Anda berenang di laut.

Air garam yang sudah menempel di kulit juga tidak bisa dengan mudah hilang begitu saja ketika Anda bilas. Jadi efek kulit kering akibat air garam kemungkinan juga akan bertahan lama di wajah. Efek dari kulit kering adalah kulit yang kasar, terlihat kusam, dan juga jadi semakin sensitif.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

2. Jerawat dan Bruntusan

Bahaya air garam untuk kulit sensitif selanjutnya adalah timbulnya jerawat dan bruntusan. Meskipun air garam dipercaya dapat menghilangkan jerawat, tetapi pada kulit sensitif justru terjadi hal sebaliknya. Hal ini kemungkinan terjadi akibat dari sifat garam yang tidak mudah bersih dari wajah.

Akibatnya sisa-sisa dari air garam yang menempel di kulit sensitif pun memicu tersumbatnya pori-pori yang pada akhirnya memunculkan jerawat dan juga bruntusan di wajah.

3. Kulit Gatal dan Terasa Panas

Bahaya air garam untuk kulit wajah selanjutnya adalah timbulnya rasa gatal dan panas seperti terbakar pada wajah. Banyak yang menyepelekan gejala seperti ini dan beranggapan bahwa itu merupakan efek ketika air garam bekerja pada wajah. Jangan menyepelekan gejala seperti ini karena rasa gatal yang sangat mengganggu bisa membuat Anda tidak sengaja menggaruk wajah dan membuat wajah Anda terluka.

4. Kulit Iritasi

Rasa gatal dan juga panas pada kulit wajah kemudian bisa menimbukan iritasi pada kulit. Kondisi kulit ini tentunya juga bisa menimbulkan rasa nyeri dan perih pada kulit wajah. Jika gejalanya semakin parah, iritasi pada kulit wajah juga bisa diikuti dengan pembengkakan pada wajah. Selain mengganggu penampilan, tentunya kondisi ini sangat membuat Anda tidak nyaman karena harus menahan rasa sakit pada wajah.

5. Infeksi Mata

Selain menimbulkan masalah pada wajah, bahaya air garam pada kulit sensitif selanjutnya adalah dapat memyebabkan iritasi pada mata. Gejala dari iritasi mata antara lain adalah seperti mata gatal, perih, dan juga berair.

baca juga : Minum Air Garam Bisa Menurunkan Berat Badan?

Tips Menggunakan Air Garam

Seseorang yang sudah mengetahui memiliki kondisi kulit yang sensitif tentunya akan dapat langsung menghindari air garam untuk perawatan kulit. Tapi bukan berarti Anda yang memiliki kulit normal bisa lengah dan tidak berhati-hati terharap air garam. Tingkat sensitivitas kulit setiap orang berbeda-beda dan kondisi kulit seseorang juga bisa berubah sewaktu-waktu.

Jadi Anda tetap harus berhati-hati ketika menggunakan air garam untuk perawatan kulit. Anda bisa mencobanya pada bagian kulit lain terlebih dulu untuk memeriksa ada atau tidaknya reaksi pada kulit. Jika timbul rasa gatal pada kulit yang terkena air garam, tandanya Anda tidak cocok dengan perawatan yang satu ini.

Anda juga tidak bisa menggunakan garam sembarangan untuk membuat larutan garam yang digunakan untuk perawatan kulit. Garam yang paling baik untuk dijadikan perawatan kulit wajah adalah garam laut atau sea salt, bukan garam dapur ataupun garam meja. Jika menggunakan air garam untuk berendam, sebaiknya jangan dilakukan terlalu lama agar kulit tidak menjadi kering.

Ada baiknya Anda juga berkonsultasi terlebih dulu ke dokter sebelum menggunakan air garam agar Anda tahu apakah perawatan yang satu ini cocok untuk Anda. Begitu juga jika muncul gajala yang tidak diinginkan setelah menggunakan air garam, sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk ditindaklanjuti.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi