4 Bahan Sederhana yang Bisa Ditambahkan pada Jus agar Makin Sehat!

DokterSehat.Com– Apa yang biasanya Anda tambahkan pada jus buah atau sayur yang Anda buat? Umumnya kita hanya membuat jus dari sayur dan buah sebagai bahan bakunya saja, ya.

Jus buah ataupun sayur merupakan salah satu bahan makanan super sehat karena tidak hanya banyak mengandung vitamin dan mineral, namun juga bisa memenuhi kebutuhan gizi harian yang penting, yaitu serat.

Ya, buah dan sayur memang merupakan bahan makanan alami yang banyak mengandung vitamin, mineral, serat, cairan, gula alami, dan fitonutrien yang penting untuk tubuh.doktersehat-kombinasi-jus-sahur

Tak heran jika jus buah dan sayur menjadi bahan makanan yang super sehat yang cukup mudah dikonsumsi.
Nah, tapi tahukah Anda bahwa jus buah dan sayur yang Anda konsumsi, bisa menjadi lebih sehat hanya dengan menambahkan beberapa bahan makanan sederhana yang cukup mudah Anda peroleh?

Tips memilih bahan makanan yang bisa ditambahkan dalam jus

Beberapa bahan makanan yang bisa ditambahkan dalam jus agar makin sehat, adalah bahan makanan yang bisa melengkapi kandungan gizi yang belum ada pada jus.

Hal ini bisa Anda peroleh dari bahan makanan yang berasal dari protein atau biji-bijian. Makanan dari protein, baik segar ataupun olahan alami, bisa jadi pilihan yang tepat untuk menambahkan kandungan protein yang belum ada pada jus buah dan sayur. Sedangkan, biji-bijian bisa memberikan asupan fitonutrien dan lemak baik dalam jus.

Lantas, apa saja bahan makanan yang bisa ditambahkan dalam jus agar lebih sehat?

Beberapa bahan makanan yang bisa ditambahkan dalam jus agar lebih sehat, adalah:

1. Kacang tanah atau selai kacang

Pernah mencoba menambahkan jus yang Anda buat dengan kacang tanah atau selai kacang? Ya, bahan makanan sumber protein hewani yang satu ini bisa menjadi tambahan jus yang super sehat, lho.
doktersehat-kacang-tanahTidak hanya menambah cita rasa gurih, jus buah atau sayur Anda juga akan bergizi lengkap.

Pilih sayuran yang memiliki rasa agak hambar, misalnya sayuran berdaun hijau untuk ditambahkan kacang-kacangan agar semakin nikmat, serta pilih buah yang cocok ditambahkan dengan selai kacang, misalnya pisang.

2. Biji bunga matahari

Tidak hanya nikmat sebagai camilan, biji bunga matahari juga merupakan bahan makanan super sehat yang bisa Anda tambahkan dalam jus, lho.
manfaat-biji-matahari-doktersehatBiji bunga matahari merupakan bahan makanan sumber vitamin E dan kaya akan lemak baik yang penting untuk tubuh. Hal ini tentu sangat baik untuk mendukung jus yang super sehat dan nikmat, bukan?

3. Biji chia

Bingung mengolah biji chia untuk apa? Tambahkan saja pada jus Anda!
Ya, biji chia bisa jadi pilihan yang tepat sebagai tambahan bahan dalam jus. Anda bisa mencampurkan dalam jus buah atau sayur, serta menambahkan biji chia sebagai toping jus atau minuman sehat lainnya.

Hal ini akan efektif membuat asupan biji chia, yang kaya akan fitonutrien ini, bisa lebih optimal dalam tubuh Anda.

4. Yoghurt rendah lemak tanpa rasa

Yoghurt tentu sudah umum ditambahkan dalam jus, ya. Akan tetapi, jika Anda menginginkan jus Anda super sehat, pilih yoghurt yang rendah lemak dan tanpa rasa.

doktersehat-manfaat-yoghurt
Photo Credit: Flickr.com/Jaro Larnos

Hal ini akan efektif membuat kandungan protein hewani dari yoghurt lebih maksimal manfaatnya, sehingga jus yang Anda konsumsi akan bergizi lengkap.

Asal memilih yoghurt dapat menyebabkan asupan zat gizi yang bisa membuat jus Anda jadi tidak sehat, lemak tidak jenuh, atau lemak jahat, yang ada pada yoghurt tidak rendah lemak dan gula buatan yang tinggi pada yoghurt dengan tambahan rasa buah, bisa membuat jus Anda jadi kurang optimal manfaatnya.