Wah, Ternyata Micin Bisa Diganti dengan 4 Bahan Alternatif ini!

doktersehat-pengganti-micin
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Micin adalah salah satu bumbu masak yang terbilang sangat populer dan hampir digunakan pada setiap masakan. Tak terbatas itu saja, micin pun sering digunakan sebagai penyedap rasa bagi jajanan instan. Hal tersebut dikarenakan micin bisa menyulap sebuah makanan menjadi lebih gurih dan menggugah selera.

Namun, kendati rasa gurih tersebut membuat ketagihan, nyatanya mengonsumsi micin terlalu banyak pun tidak baik bagi kesehatan fisik maupun otak. Salah satu efek negatif dari micin adalah bisa melemahkan kinerja otak, alias lemot. Oleh karenanya, banyak pakar kesehatan yang menganjurkan agar tidak terlalu sering mengonsumsi micin dan menggantinya dengan bahan lain.

Berikut adalah 4 bahan alternatif dari micin:

1. Gula

Memang terkesan sedikit aneh dan bertolak belakang. Sebab, micin memiliki rasa gurih, sedangkan gula memiliki rasa manis. Tapi jangan salah dulu, sebab gula yang dicampur dengan garam dengan takaran yang pas juga bisa memberikan sensasi gurih layaknya micin. Cara ini sudah dibuktikan oleh sebagian orang yang menerapkan pola hidup sehat tanpa micin.

2. Kaldu

Kaldu biasanya digunakan sebagai penyedap rasa makanan berkuah, misalnya bakso, sup, dan sejenisnya. Dengan rasanya yang cukup lezat, kaldu diklaim sebagai bahan terbaik dalam mengganti micin. Selain itu, kaldu juga lebih sehat karena tercipta dari rempah dan rebusan daging.

3. Bawang Putih

Rempah yang satu ini memang sangat populer sebagai penyedap makanan. Hal itu dikarenakan bawang putih bisa memberikan aroma sedap dan rasa yang nikmat. Maka tak heran jika bawang putih kerap digunakan sebagai pengganti micin. Selain itu, bawang putih juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah menekan pertumbuhan sel kanker serta meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Kedelai

Tidak hanya bisa diolah menjadi makanan, kedelai juga bisa dijadikan sebagai pengganti micin. Rasa yang didapatkan dari hasil fermentasi kedelai dipercaya bisa membuat masakan menjadi lebih gurih dan sedap. Selain memberikan efek sedap, kedelai juga kaya akan protein yang baik untuk kesehatan tubuh seseorang.