Bukan Mitos, Ini 6 Bahan Makanan yang Harus Dibatasi oleh Bumil

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mendengar bahwa ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh bumil? Sebut saja tidak boleh makanan nanas karena menyebabkan keguguran atau tidak boleh makan ikan agar bayi tidak gatal.

Mitos seperti itu memang sudah banyak berkembang namun sayangnya tidak semua kepercayaan tersebut sepenuhnya benar lho.

Kita tentu tahu bahwa asupan gizi melalui makanan menjadi hal yang penting diperhatikan utamanya saat hamil. Untuk itu, satu-satunya pertimbangan untuk menentukan boleh atau tidaknya bumil mengonsumsi suatu makanan tentu adalah dari kandungan gizinya ya.

Untuk itu yuk ketahui apa saja sih bahan makanan yang memang harus dibatasi konsumsinya oleh bumil dengan pertimbangan kandungan gizinya, yaitu:

1. Hindari makanan berpengawet

Makanan dengan tambahan banyak bahan pengawet buatan, misalnya kornet atau dendeng daging kemasan, sebaiknya dihindari oleh bumil.

Hal ini disebabkan bahan pengawet kerap memiliki kandungan bahan tambahan yang harus dihindari oleh bumil.

2. Hindari makanan hewani yang belum matang

Bumil sebaiknya menghindari olahan ikan, daging atau telur yang dimasak tidak matang sempurna. Hal ini disebabkan makanan hewani mentah berisiko masih memiliki bakteri salmonela yang berbahaya untuk tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu.

3. Batasi makanan yang mengadung gas

Makanan bergas, biasanya buah dan sayur, sebaiknya dibatasi konsumsinya karena jika berlebihan maka akan menimbulkan gangguan pada pencernaan, menimbulkan kembung atau rasa tidak nyaman pada ulu hati.

4. Batasi minuman ringan bersoda

Meskipun menuai pro kontra, nyatanya konsumsi minuman soda sebaiknya dibatasi untuk bumil. Kandungan gula yag tinggi bisa menyebabkan asupan kalori berlebih dan meningkatkan risiko diabetes saat kehamilan.

5. Batasi makanan tinggi energi

Mirip dengan minuman bersoda, makanan yang hanya tinggi kalori dan miskin gizi harus dibatasi oleh bumil. Misalnya camilan keripik kemasan dengan tambahan gula atau cake dengan rasa yang sangat manis.

6. Batasi kopi dan cokelat

Kandungan kafein yang tinggi pada kopi dan cokelat menjadikannya harus dibatasi untuk bumil. Jika kesulitan, usahakan perlahan mengurangi konsumsinya. Batasi konsumsi hanya 1-2 porsi dalam 2-3 minggu, saja ya.