DokterSehat.Com– Wajah membutuhkan perawatan agar kesehatannya tetap terjaga. Terlebih lagi jika memiliki kulit wajah sensitif, maka diperlukan perawatan khusus dan tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kulit wajah yang sensitif akan lebih cepat dan mudah bereaksi ketika salah menggunakan bahan perawatan. Umumnya, reaksi yang ditimbulakan adalah terjadi iritasi dan memerah.

doktersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak-1024

Untuk merawat kulit wajah, biasanya seseorang akan pergi ke pusat kecantikan atau menggunakan produk kecantikan tertentu yang biasa disebut dengan skincare. Penggunaan skincare untuk kulit sensitif harus lebih ekstra diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah yang nantinya akan membuat kulit iritasi. Berikut adalah beberapa kandungan di dalam skincare yang wajib dihindari jika memiliki kulit sensitif, diantaranya:

  • No – Exfoliant

Kandungan ini biasanya terdapat di dalam pembersih wajah, toner, dan pelembap. Untuk kulit normal mungkin tidak akan memberikan efek buruk, namun bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya menghindari skincare yang mengandung bahan ini. Sebab, kandungan ini akan membuat kulit wajah iritasi dan  biasayanya tampak kemerahan. Dianjurkan untuk memilih skincare dengan bahan alami seperti aloe vera yang bergfungsi sebagai anti iritasi.

  • Mengandung Sabun

Di dalam pembersih wajah ada kandungan sabun yang berfungsi untuk membersihkan wajah secara menyeluruh. Untuk kulit wajah sensitif, hindari penggunaan pembersih yang menggunakan sabun. Pilihlah pembersih yang tidak memiliki kandungan sabun dan tidak berbau. Semakin lembut tekstur pembersih wajah yang digunakan, makan akan semakin baik untuk kulit wajah.

  • Mengandung Alkohol

Hampir semua produk kecantikan memiliki kandungan alkohol, terutama pada produk toner atau penyegar wajah. Alkohol berfungsi untuk menciptakan rasa segar pada wajah. Namun, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya menghindari produk kecantikan yang mengadung alkohol. Pilihlah produk kecantikan yang mengandung ekstrak buah-buahan atau Bunga seperti rose dan lavender.