Terbit: 22 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu tantangan terbesar dalam mengolah daging, baik daging kambing maupun daging sapi, tentu adalah membuat agar daging menjadi lebih lunak dan bebas bau, ya.

4 Bahan Alami Super Sehat yang Buat Daging Empuk & Bebas Bau

Biasanya cara yang umum dilakukan adalah dengan menghaluskan daging, baik dengan menggunakan alat agar serat daging lebih lunak maupun menambahkan bahan-bahan tertentu yang bisa membuat daging menjadi lebih empuk dan bebas bau.

Kedua cara tersebut tentu sama-sama boleh dilakukan, akan tetapi, agar daging bisa menjadi lunak, empuk, bebas bau dan super sehat, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Menggunakan bahan alami yang tepat, tidak hanya membuat daging menjadi lunak dan tidak berbau, namun juga bisa memberikan asupan zat tertentu, berupa vitamin, mineral dan fitonutrien yang mudah diserap dalam tubuh dan tentu saja menyehatkan.

Penasaran apa saja bahan alami yang bisa kita gunakan utnuk membuat daging menjadi empuk dan bebas bau?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Bahan alami yang menyehatkan untuk buat daging empuk dan bebas bau

1. Nanas

Porsi-nanas-ibu-hamil-doktersehat-1

Photo Credit: Flickr.com/ Kyle McDonald

Nanas sudah terkenal dengan manfaatnya untuk membuat daging menjadi empuk.

Nanas memiliki kandungan zat bromealin yang mampu membuat serat pada daging menjadi lunak, sehingga daging empuk.

Menggunakan nanas sebagai bahan untuk membuat daging menjadi empuk, secara tidak langsung akan membuat olahan daging yang kita konsumsi kaya akan kandungan vitamin A dan C yang juga tinggi pada nanas.

Cara menggunakan nanas untuk membuat daging empuk:
Anda bisa merendam daging dalam parutan nanas selama 10-15 menit.

Perlu diketahui, kandungan zat bromealin pada nanas terdapat dalam jumlah yang cukup tinggi di bagian tengah, atau bagian batang, yang memiliki tekstur cukup keras, sehingga Anda bisa ikut memarut bagian tersebut agar zat bromealinnya lebih maksimal.

2. Bawang merah, bawang putih, ketumbar dan lada

Kombinasi bumbu dan rempah ini ternyata memiliki manfaat yang super untuk membuat daging menjadi bebas bau dan semakin empuk.

Bawang merupakan bahan makanan yang memiliki sifat antibodi atau melindungi tubuh, selain itu, bawang putih dan rempah ketumbar serta lada, banyak memiliki kandungan fitonutrien yang baik untuk tubuh.

Kombinasi keempatnya, tidak hanya memberikan rasa yang enak dan gurih pada daging, namun juga menghilangkan bau dan membantu membuat daging lebih empuk, selama di rendam atau di marinate dengan tepat.

Cara menggunakan:

Rendam daging dalam bumbu yang sudah dihaluskan selama 10-15 menit untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

3. Kunyit dan jahe

doktersehat_manfaat_jahe

Photo Source: Flickr/ Kjokkennutsyr Net

Selain menggunakan kombinasi bumbu dari bawang, lada dan ketumbar, kunyit dan jahe juga memiliki manfaat yang super untuk menghilangkan bau dan membuat daging menjadi lebih empuk.

Kunyit dan jahe merupakan bumbu rempah alami yang mengandung zat dan fitonutrien yang tinggi, sehingga menggunakan keduanya juga akan meningkatkan kandungan fitoniutrien dalam tubuh.

Cara penggunaannya hampir sama dengan poin sebelumnya, yaitu melakukan marinate daging dengan kunyit dan jahe yang sudah dihaluskan.

Dengan penggunaan bumbu ini, maka daging tidak hanya super sehat namun juga bercita rasa nikmat, bukan?

4. Daun salam dan lengkuas

doktersehat-herbal-rempah-cabeBahan alami terakhir yang bisa memberikan manfaat untuk mengempukan dan menghilangkan bau daging adalah dengan menggunakan air rebusan daun dalam dan lengkuas.

Keduanya terkenal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dengan kandungan zat dan fitonutriennya yang tinggi.

Cara menggunakan:
Anda bisa memasukkan daging dalam air rebusan daun dalam dan lengkuas, buang bagian putih berbusa yang muncul saat perebusan lalu angkat saat daging sudah matang sempurna. Daging yang dihasilkan dijamin empuk, bebas bau, dan super sehat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi