Mengobati Luka di Lidah dengan Bahan Alami

kanker-lidah-doktersehat

DokterSehat.Com– Lidah adalah bagian tubuh yang sangat sensitif, sehingga lidah yang sakit dapat menyebabkan banyak rasa sakit dan ketidaknyamanan. Luka pada lidah bisa disebabkan adanya tonjolan kecil, benjolan merah atau area lidah yang menonjol.

Tidak ada penyebab tertentu yang diketahui untuk lidah sakit. Namun, penyebab paling umum adalah secara tidak sengaja menggigit lidah atau melukai lidah saat menggunakan tusuk gigi atau sikat gigi.

Baca juga: 4 Masalah pada Lidah yang Mengganggu dan Harus Segera Disembuhkan

Penyebab lain termasuk infeksi virus, keturunan, perubahan hormon dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh yang lemah, mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan asin, gangguan usus atau perut, stres, dan kekurangan mineral dan vitamin seperti seng, asam folat, zat besi dan B kelompok vitamin. Untuk mengobatinya Anda bisa memanfaatkan beberapa obat lidah luka dengan bahan alami, seperti berikut ini:

1. Kompres dengan es batu

Kompres lidah luka dengan es batu untuk menghentikan pendarahan dan luka bisa lebih cepat tertutup. Mungkin akan timbul rasa sedikit ngilu tapi cobalah bertahan agar darah yang dikeluarkan tidak semakin banyak.

2. Kompres dengan madu

Madu merupakan bahan yang aman dan tercepat dalam mengeringkan luka dan mencegah infeksi. Cara mengobati lidah luka adalah dengan kompres luka  menggunakan 1 sendok teh madu yang didiamkan di mulut supaya bisa bekerja menutup luka. Selain itu, madu akan membantu mengembalikan nafsu makan karena lidah sudah tidak nyeri lagi.

3. Jangan makan pedas

Saat luka di lidah sebaiknya hindari mengonsumsi makanan pedas dan berbumbu karena bisa membuat penyembuhan luka semakin lama.

4. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera memiliki banyak khasiat dan penyembuhan yang dapat mengobati banyak masalah mulut, termasuk mengobati lidah luka. Sifat anti-peradangan membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada lidah luka robek.

Caranya:

  • Oleskan ekstrak gel dari lidah buaya pada daerah yang terkena. Ulangi beberapa kali setiap hari.
  • Pilihan lainnya adalah berkumur dengan jus lidah buaya 3 atau 4 kali sehari.

Coba pengobatan ini setiap hari sampai rasa sakit dan peradangan hilang pada lidah.

Baca juga: Lidah Melepuh? Sembuhkan dengan 9 Cara Alami Ini

5. Baking Soda

Untuk mengobati lidah sakit, baking soda juga merupakan obat yang baik. Baking soda memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan rasa sakit dan peradangan.

Caranya:

  • Campur ½ sendok teh baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta. Oleskan ke daerah yang terkena selama 1 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Anda juga dapat mencampur 1 sendok teh baking soda dalam segelas air hangat dan gunakan larutan tersebut sebagai obat kumur beberapa kali sehari.

Gunakan salah satu dari obat ini 3 atau 4 kali sehari sampai Anda benar-benar sembuh.

6. Garam

Garam adalah antiseptik alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati lidah luka. Ini akan membantu mengurangi rasa sakit serta peradangan. Apalagi bisa mencegah infeksi.

Caranya:

Campur 1 sendok teh garam dalam 1 gelas air matang. Aduk rata dan gunakan sebagai untuk membilas mulut 3 atau 4 kali sehari sampai sakitnya sembuh.

Anda bahkan dapat menerapkan sedikit garam langsung pada area yang terkena untuk membantu mengeringkan luka. Namun, akan terasa perih pada awalnya.

7. Licorice

Sifat obat dan penyembuhan dari licorice atau akar manis efektif dalam mengobati lidah luka. Ramuan ini memiliki sifat anti-peradangan yang dapat menenangkan daerah yang terkena.

Caranya:

  • Campurkan 1 sendok teh bubuk akar licorice dengan air secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan pasta pada area yang terkena dengan kapas. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi beberapa kali dalam sehari.
  • Anda juga dapat menyiapkan obat kumur dengan merendam 1 sendok makan akar licorice dalam 2 gelas air selama 3 jam. Gunakan larutan tersebut sebagai bilas mulut beberapa kali sehari.
  • Pilihan lainnya adalah dengan mengunyah 1 atau 2 tablet licinice (DGL) deglikurirrhizinated 200 mg, 2 atau 3 kali sehari.

Catatan: Mereka yang menderita tekanan darah tinggi tidak boleh menggunakan obat akar licorice.

Baca juga: Jangan Abaikan Lidah Stroberi! Begini Gejala dan Penyebabnya

8. Minyak esensial lavender

Anda juga bisa menggunakan minyak esensial lavender yang berbau manis untuk mengobati lidah luka. Minyak ini membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Selain itu, ini akan membantu mempercepat penyembuhan dan perbaikan kulit.

Caranya:

  • Tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender ke dalam secangkir air hangat. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur-kumur beberapa kali setiap hari.
  • Pilihan lainnya adalah mencampur 3 tetes minyak esensial lavender, 1 sendok teh madu, dan ¼ cangkir air panas. Kemudian, encerkan dengan ½ gelas air dingin. Gunakan larutan ini untuk membilas mulut beberapa kali sehari.

Catatan: Jangan menelan minyak esensial lavender. Ini bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Demikian cara menyembuhkan luka lidah dengan bahan alami, semoga bermanfaat untuk Anda dan keluarga di rumah!