6 Bahan Alami untuk Mengatasi Penyakit Asam Urat

manfaat-daun-seledri-doktersehat

DokterSehat.Com– Kebanyakan penderita asam urat akan mengandalkan obat-obatan demi mengendalikan masalah kesehatan yang dideritanya. Mereka juga memilih untuk mengurangi asupan makanan tinggi purin demi mencegah gejala serangan asam urat yang bisa menyebabkan munculnya sensasi nyeri, pembengkakan, panas, dan kaku pada persendian. Padahal, mereka juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasinya, lho.

Bahan alami untuk mengatasi asam urat

Mengingat penyakit asam urat bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, kita memang harus berusaha untuk menurunkan kadar zat asam urat di dalam tubuh. Beruntung, ada beberapa bahan alami yang bisa membantu kita untuk mengatasinya.

Berikut adalah bahan-bahan alami tersebut.

  1. Air mineral

Penderita asam urat biasanya diminta untuk memperbanyak asupan air mineral.

Jika dehidrasi, risiko untuk mengalami serangan asam urat akan meningkat dengan signifikan. Dengan mencukupi kebutuhan air putih, maka proses peluruhan zat asam urat secara alami dari dalam tubuh akan berlangsung dengan baik. Hal ini tentu akan menjaga kadar zat asam di dalam tubuh dan akhirnya membuat frekuensi gejala serangan asam urat bisa diturunkan.

  1. Jahe

Salah satu bahan alami yang sering dijadikan bumbu masakan atau bahan minuman ini ternyata juga bisa membantu mengendalikan penyakit asam urat dengan efektif. Jahe juga bisa menurunkan peradangan dan rasa nyeri akibat serangan penyakit ini sekaligus menurunkan kadar zat asam urat di dalam tubuh.

Jika ingin mendapatkan manfaatnya, kita hanya perlu merebus sesendok jahe yang sudah diparut hingga mendidih. Setelahnya, kita tinggal menggunakan air parutan jahe ini untuk ditempelkan di bagian persendian yang mengalami gejala serangan asam urat.

Pakar kesehatan juga menyarankan penderita asam urat untuk meminum air rebusan jahe setidaknya tiga kali sehari demi mengurangi risiko terkena serangan penyakit ini.

  1. Apel

Salah satu buah yang paling baik bagi kesehatan tubuh ini ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi penderita asam urat. Pakar kesehatan pun menyarankan penderita penyakit ini untuk mengonsumsinya setidaknya satu butir setiap hari.

Memang hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan dampak makan apel bagi penderita asam urat, namun banyak orang yang yakin jika kandungan antioksidan di dalamnya yang tinggi bisa mengatasi peradangan yang berpotensi memicu serangan penyakit ini.

  1. Pisang

Buah pisang tinggi kandungan kalium yang bisa mempengaruhi kondisi tekanan darah dan organ-organ tubuh secara keseluruhan.

Hingga saat ini, memang belum ada penelitian yang memastikan adanya kaitan antara makan pisang dengan masalah asam urat, namun pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsinya setiap hari bisa memperlancar sirkulasi darah yang berimbas pada semakin lancarnya proses peluruhan alami zat asam urat.

  1. Seledri

Salah satu sayuran yang cukup populer untuk dijadikan jus atau obat herbal ini memang sudah dikenal mampu mengatasi masalah asam urat. Selain itu, jika kita mengonsumsi seledri secara rutin, masalah radang sendi juga bisa diatasi dengan baik.

  1. Bunga sepatu

Sebuah penelitian membuktikan bahwa ekstrak bunga sepatu bisa membantu menurunkan kadar zat asam pada tubuh tikus percobaan yang dikondisikan memiliki kadar asam urat yang sangat tinggi. Banyak orang pun percaya ekstrak atau air rebusan dari bunga ini bisa mengendalikan penyakit asam urat.

Meskipun begitu, ada baiknya kita berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan bahan-bahan alami ini demi membantu mengendalikan penyakit asam urat. Jika dokter memperbolehkan, tak ada salahnya kita menggunakannya.