Bagaimana Tanda ASI Perah yang Basi?

asi-perah-doktersehat
Photo Credit: thebump

DokterSehat.Com– Memompa ASI merupakan salah satu cara ibu untuk menyediakan ASI bagi si kecil, terutama jika ibu adalah ibu bekerja. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kesegaran ASI perah yang Anda berikan pada si kecil. Jika penyimpanan ASI perah yang kurang tepat dapat menyebabkan ASI cepat basi.

Pedoman penyimpanan ASI yang baik

Perlu diingat bahwa ASI yang ada di payudara ibu selalu berada dalam kondisi segar dan tidak akan basi. Jadi ketika Anda menemui ASI perah yang basi, hal ini disebabkan oleh faktor lain seperti cara menyimpan atau menghangatkan susu yang salah, atau bisa juga karena ASI perah sudah terlalu lama berada di luar ruangan.

Dilansir dari laman Breastfeeding, berikut ini adalah pedoman menyimpan ASI yang baik:
1. Penyimpanan ASI dalam kulkas
ASI yang disimpan di dalam kulkas bawah dengan suhu 4 derajat Celcius dapat bertahan hingga 4 hari, namun ASI masih bisa dikonsumsi hingga 5-8 hari asalkan lokasi penyimpanan ASI tidak terkontaminasi bahan-bahan lain.

2. Penyimpanan ASI dalam freezer
ASI yang disimpan dalam freezer bersuhu di bawah -4 derajat Celcius dapat bertahan selama 6-12 bulan. Sedangkan jika ASI disimpan dalam freezer bersuhu -18 derajat Celcius masih bisa dikonsumsi selepas 12 bulan.

Sedangkan ASI yang sudah dicairkan dan berada dalam suhu ruangan hanya dapat bertahan selama 4 jam. Lebih dari 4 jam, ASI sebaiknya tidak diminumkan pada bayi.

Untuk mengetahui apakah ASI perah basi atau tidak, Anda bisa memeriksa rasa, bau dan warna ASI apakah menunjukkan tanda-tanda basi. Namun perlu diingat bahwa ASI setiap ibu berbeda-beda, sehingga Anda tidak bisa membandingkan cara dan kondisi ASI yang satu dengan ASI yang lain.

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mencium dan mencicipi ASI setelah diletakkan beberapa jam di suhu ruangan. Jika baunya berubah, kemungkinan ASI perah sudah terkontaminasi bakteri.

So, kenali dengan baik kondisi ASI perah yang akan diberikan ke bayi ya Mom!