Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat usia kehamilan semakin besar, ibu hamil mungkin akan lebih sering mengalami nyeri pinggang atau berbagai rasa tidak nyaman saat duduk. Lalu, bagaimana posisi duduk yang baik bagi ibu hamil?

Bagaimana Posisi Duduk yang Nyaman Bagi Ibu Hamil?

Posisi duduk yang nyaman bagi ibu hamil

Beberapa posisi duduk yang nyaman bagi ibu hamil antara lain:
1. Jika duduk dengan kursi sandaran punggung
Semakin tua usia kehamilan, perut bumil akan semakin besar. Hal ini kadang membuat ibu hamil sulit bergerak. Jika ibu duduk di kursi yang memiliki sandaran punggung, sebaiknya ibu duduk dengan posisi punggung tegak lurus dengan bahu ke belakang serta pantat menyentuh bagian belakang kursi.

2. Duduk di kursi tanpa sandaran punggung
Umumnya ibu hamil yang duduk di kursi tanpa sandaran punggung akan duduk dengan posisi membungkuk. Padahal posisi ini dapat membuat bunda merasa sakit saat bergerak. Karena itu sebaiknya ibu hamil tetap mengambil bantal untuk menopang punggung bunda. Selain itu Anda juga bisa melebarkan jarak antar kaku dan pastikan telapak kaki menjejak tanah dan hindari bertumpu pada perut ketika duduk.

3. Duduk bersila di lantai
Pada beberapa kesempatan, ibu hamil mungkin akan perlu duduk bersila. Posisi duduk ini dapat membantu melonggarkan sendi panggul agar lebih siap untuk proses persalinan. Selain itu duduk bersila juga dapat memperbaiki postur tubuh dan mengurangi rasa kaku di punggung bagian bawah.

Perlu diketahui bahwa tidak semua ibu hamil dianjurkan untuk duduk bersila. Ibu hamil dengan gangguan panggul seperti symphysis pubis dysfunction atau pelvic girdle pain tidak disarankan untuk duduk bersila dalam waktu yang lama.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Sebenarnya ibu hamil tidak disarankan untuk duduk baik di kursi maupun bersila dalam waktu yang lama. Hal ini dapat menghambat peredaran darah sehingga menyebabkan varises. Selain itu duduk dalam waktu lama juga dapat menyebabkan punggung Anda menjadi kaku. Jika Anda harus duduk dalam waktu lama, maka selingi aktivitas Anda dengan berdiri atau berjalan-jalan setiap 2-3 jam sekali.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi