Bagaimana Perkembangan Bayi di Usia 2 Bulan?

doktersehat-bayi-tertawa

DokterSehat.Com– Perkembangan anak dapat meningkat pesat dalam beberapa bulan pertama kehidupannya. Meskipun perkembangan anak setiap anak berbeda-beda, namun kebanyakan anak mencapai tonggak perkembangan tertentu pada usia 2 bulan. Bagaimana perkembangan bayi pada usia 2 bulan?

Perkembangan bayi usia 2 bulan

Memasuki usia 2 bulan, bayi sudah mulai bisa menunjukkan apa yang ia sukai dan mana yang tidak, dan Anda sudah mulai bisa membedakan mana tangisan kelaparan, ngantuk dan popok yang penuh. Selain itu perkembangan motorik dan visual bayi juga sudah mulai meningkat pesat. Dilansir dari WebMD, berikut ini rincian perkembangan bayi usia 2 bulan:

Perkembangan motorik bayi usia 2 bulan
Bayi usia 2 bulan sudah memiliki kontrol yang lebih baik akan tubuhnya. Pada beberapa bayi tulang lehernya sudah mulai kuat untuk menyangga kepala. Selain itu bayi umumnya masih menunjukkan reflek mengisap yang kuat sehingga kadang ia mengisap jarinya sendiri ketika sedang tidak menyusu.

Perkembangan visual bayi usia 2 bulan
Saat bayi baru lahir, pandangan matanya buram dan belum bisa membedakan warna dan bentuk benda. Memasuki usia 2 bulan, ia sudah bisa membedakan warna dan menunjukkan ketertarikannya pada mainan bentuk tertentu.

Perkembangan verbal bayi usia 2 bulan
Dikutip dari Mom Junction, bayi berusia 2 bulan sudah mulai bisa mengenali suara dan sumber bunyi. Ketika anak mendengar mainan bunyi-bunyian, ia akan segera mencari sumber bunyi tersebut atau mengamati gerak bibir orang tua jika sedang bicara.

Perkembangan sosial bayi usia 2 bulan
Dari sejak lahir hingga berusia 1 bulan, bayi cenderung lebih suka sendiri. Namun ketika masuk usia 2-3 bulan, ia mulai mengenali senyuman orang lain dan mengenali wajah keluarganya dengan lebih baik. Bayi berusia 2 bulan sudah bisa mengenali tekanan dari lingkungan sekitar, namun juga sudah mulai mengetahui apa kegiatan yang membuatnya senang.