DokterSehat.Com– Sama-sama mual, namun ternyata mual saat maag dengan mual sebagai tanda kehamilan berbeda. Hal ini disebabkan oleh naiknay asam lambung bisa menyebabkan gejala yang mirip. Lalu bagaimana membedakan keduanya?

doktersehat-muntah-mual-pusing-hamil

Mual adalah rasa tidak nyaman yang muncul di perut bagian atas yang diikuti dengan rasa ingin muntah. Namun mual belum tentu disertai dengan muntah. Biasanya mual adalah akibat dari reaksi setelah minum obat tertentu atau tubuh setelah makan terlalu banyak, atau makan pedas dan berlemak. Bisa dikatakan bahwa mual sebenarnya suatu cara untuk membuang zat yang dianggap berbahaya bagi tubuh.

Untuk dapat membedakan mual tanda kehamilan dengan maag, Anda perlu memerhatikan beberapa hal, di antaranya reaksi mual setelah minum obat mual. Mual karena maag umumnya tidak berlangsung terus menerus. Jika pola makan sudah teratur dan mengonsumsi obat pengendali asam lambung, biasanya maag akan mereda. Obat mual karena maag biasanya tidak akan bereaksi positif untuk mengatasi mual karena kehamilan. Karena itu jika setelah mengonsumsi obat maag namun Anda masih mual, kemungkinan itu adalah tanda kehamilan.

Ciri khusus mual saat hamil yang bisa diamati antara lain mual lebih sering terjadi di pagi hari atau lebih sering disebut dengan morning sickness. Meskipun pada kenyataannya mual ini bisa terjadi pada kapan saja, baik pagi, siang, sore maupun malam. Jika sampai terjadi hiperemesis gravidarum, yaitu mual disertai muntah yang berlebihan atau sampai menimbulkan dehidrasi, maka Anda perlu segera memeriksakannya ke dokter.

Perbedaan lain antara mual hamil dengan maag adalah mual saat hamil tidak berhubungan dengan terlambat makan atau pola makan yang tidak teratur. Setelah asam lambung netral dan makanan bisa masuk lambung, mual akan membaik. Namun saat hamil, wanita cenderung ingin mengonsumsi makanan yang asam. Meskipun tidak semua wanita hamil bersikap demikian, namun hal tersebut seringkali menjadi ciri mual saat hamil.

Selain tanda-tanda di atas, mual karena hamil umumnya disebabkan karena indra penciuman yang menjadi lebih sensitif terhadap bau tertentu. Makanan dengan aroma tertentu pun bisa jadi membuat Anda mual, terutama yang beraroma tajam.

Jika Anda masih ragu membedakan antara mual karena maag dengan mual tanda kehamilan, sebaiknya segera lakukan tes kehamilan dengan test pack atau periksa ke dokter untuk mendapat hasil yang akurat.