Terbit: 31 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Daging merupakan salah satu bahan makanan yang kaya protein dan baik bagi pertumbuhan anak. Namun tidak semua anak mau makan daging. Lalu bagaimana mengatasinya?

doktersehat-daging-merah-gagal-ginjal-picu-obesitas

Cara mengatasi anak yang tidak mau makan daging

Anak umummya menolak makan daging karena teksturnya yang kasar dan susah dikunyah. Padahal daging merupakan salah satu sumber protein yang diperlukan untuk pertumbuhan anak.

Menghadapi anak yang susah makan daging merupakan salah satu tantangan bagi orang tua. Dilansir dari Baby Centre, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak Anda mau makan daging, di antaranya:

1. Sajikan dalam porsi kecil
Anak kecil mungkin tidak menyukai daging bukan karena rasanya, namun karena penyajiannya terlalu besar sehingga anak kesulitan untuk mengunyahnya. Coba berikan varian menu daging dalam porsi kecil sehingga anak-anak mau menyantapnya.

2. Berikan menu daging yang variatif
Anak-anak cenderung bosan jika Anda menyajikan menu daging dengan menu yang monoton. Berikan variasi menu seperti bola-bola daging, perkedel, nugget, rolade, agar anak tidak bosan. Selain itu olah daging merah denagn benar sehingga tektsurnya lembut dan mudah dikunyah.

3. Berikan daging putih
Jika anak Anda tidak suka dengan daging merah, Anda bisa memberikan daging putih sebagai alternatif. Nutrisi yang terdapat dalam daging putih seperti ayam dan ikan juga tidak kalah penting bagi pertumbuhan anak.

4. Penuhi kebutuhan gizi anak
Salah satu kondisi yang yang dikhawatirkan dari anak yang tidak mau makan daging adalah anak dapat kekurangan zat besi dan protein yang banyak didapatlkan dari daging. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan sayur hijau atau kacang-kacangan sebagai sumber zat besi lainnya. Sedangkan untuk sumber protein, Anda bisa memberinya telur atau sumber protein lainnya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi