Terbit: 20 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Penderita diabetes harus selalu mengatur asupan makanannya. Pengaturan makanan atau diet diabetes, yang meliputi jumlah, jadwal dan jenis makan yang tepat harus dilakukan secara teratur setiap harinya. Namun, jika penderita diabetes sedang sakit, bagaimana dengan dietnya?

doktersehat-sakit-minum-obat-demam

Saat sakit, umumnya kita akan mengalami penurunan nafsu makan, hal ini akan memengaruhi pengobatan pada penderita diabetes. Untuk itu perlu diketahui bagaimana diet saat penderita diabetes mengalami sakit agar pengobatan diabetesnya tetap terdukung.

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive And Kidney Disesase dan WebMD, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada diet penderita diabetes saat sakit, yaitu:

  1. Selalu usahakan agar makan teratur

  2. Sesuaikan jenis makanan yaitu yang sesuai dengan diet diabetes namun bisa dikonsumsi oleh penderita, misalnya sup, biskuit gandum atau jus buah tertentu. Penderita diabetes tetap harus memerhatikan jenis, jadwal dan jumlah asupan makannnya sesuai dengan prinsip diet meskipun tidak bisa dilakukan sebaik biasanya. Hal ini bertujuan agar kadar gula darah penderita tetap terkontrol saat sakit.

  3. Jika kesulitan untuk makan makanan biasa, maka usahakan minum atau makan yang berkalori

  4. Penderita diabetes harus tetap mengonsumsi makanan berkalori untuk mencegah terjadinya hipoglikemia. Contoh minuman yang dianjurkan adalah ginger ale. Makanan cair juga dianjurkan seperti kaldu ayam alami.

  5. Selalu minum dengan jumlah yang cukup

  6. Penuhi kebutuhan cairan harian dengan meminum air putih agar tidak mengalami dehidrasi yang dapat menganggu proses penyembuhan.

  7. Konsumsi obat dan pantau gula darah

  8. Selain mengatur asupan makanan, penderita diabetes harus selalu mengonsumsi obat yang diberikan atau dipunyai sebelumnya dengan teratur. Mengecek kadar gula darah dianjurkan 4 jam sekali untuk mewaspadai terjadinya hipoglikemia.

Pengaturan diet diabetes saat sakit tidak mudah dilakukan, terlebih jika nafsu makan sedang turun. Namun, hal ini harus dilakukan untuk mencegah terjadinya hal yang bisa membahayakan kesehatan penderita.

Meskipun diet diabetes saat sakit memang tidak mudah dilakukan, tapi dengan pengaturan diet yang tepat, proses penyembuhan akan semakin cepat dan kondisi kesehatan penderita tetap terdukung kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi