Terbit: 22 Maret 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Gejala mata kering adalah mata merah, gatal, dan sensasi terbakar yang bisa terjadi akibat kondisi sementara atau kronik. Ketahui apa penyebab serta cara mengatasi mata kering dan perih secara alami.

10 Cara Mengatasi Mata Kering Secara Alami

Penyebab Mata Kering

Mata kering disebabkan oleh gangguan kesehatan pada selaput air mata, penurunan produksi air mata, atau penguapan air mata. Kondisi ini mungkin terjadi akibat kondisi umum seperti:

  • Menatap layar gawai yang terlalu lama.
  • Berada di ruangan AC.
  • Mata tidak istirahat.
  • Jarang berkedip secara alami.
  • Faktor lingkungan seperti tinggal di wilayah yang dingin dan berangin.
  • Alergi.
  • Dehidrasi ringan.
  • Terpapar asap kendaraan, polusi, atau asap rokok.
  • Lingkungan yang kurang lembap menyebabkan mata kering.

Pada kondisi mata kering kronis, penyebabnya termasuk:

  • Efek penuaan pada orang di atas usia 50 yang produksi kelenjar selaput air matanya mulai menurun.
  • Efek samping obat tertentu seperti obat antidepresan, diuretik, beta-blocker, atau antihistamin jangka panjang dapat menyebabkan mata kering.
  • Penggunaan kontak lensa yang salah.
  • Sindrom Sjogren, kondisi autoimun yang menyerang saluran air mata.
  • Blepharitis. Peradangan pada kelenjar minyak alami di kelopak mata.
  • Kondisi autoimun lainnya yang menyebabkan masalah pada produksi air mata.
  • Efek dari merokok atau minum alkohol.

Cara Mengatasi Mata Kering Secara Alami

Apabila mengalami gejala mata kering seperti mata merah, gatal, nyeri, buram, atau terasa ada yang mengganjal di mata, lakukan beberapa cara mengatasi mata kering dan perih berikut ini:

1. Tetes Mata

Gunakan obat tetes mata yang dijual bebas (Over The Counter/OTC) yang bisa dibeli di berbagai apotek. Obat tetes mata (artificial tears) dapat membantu membasahi dan melembapkan mata seperti air mata alami.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Bila Anda tidak memiliki masalah mata yang serius, obat tetes mata dapat mengatasi gejala mata kering dengan cepat. Bila kondisi mata tetap kering dan perih setelah menggunakan obat tetes mata, itu tandanya Anda harus konsultasi ke dokter mata untuk memastikan apakah ada masalah mata serius yang mendasarinya.

2. Kompres Air Hangat

Kompres air hangat dapat membantu menenangkan kondisi mata lelah dan mata kering. Celupkan kain ke air hangat, peras, lalu kompres ke kedua mata selama 3-5 menit. Ini juga dapat menjadi sesi terapi yang merelaksasi Anda.

Baca Juga: 11 Cara Mengatasi Mata Lelah dan Perih Akibat Komputer

3. Konsumsi Minyak Ikan Alami

Konsumsi minyak ikan alami yang mengandung asam lemak omega-3, seperti ikan sarden, salmon, makarel, flaxseed (biji rami), dan minyak nabati (kedelai dan kanola). Dilansir dari WebMD, asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan produksi kelenjar air mata yang dapat mengurangi risiko iritasi mata.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Anda mungkin mengalami dehidrasi ringan yang menyebabkan mata kering. Faktanya, seluruh organ di tubuh, termasuk kulit dan mata membutuhkan asupan air dan mineral untuk berfungsi dengan baik.

Maka dari itu, setiap orang harus minum air putih yang cukup sesuai kebutuhan. Selain air putih, alternatif untuk menjaga dehidrasi adalah dengan konsumsi sayur dan buah yang kaya konten air seperti semangka, timun, pir, dll.

5. Sering Kedip

Cara mengatasi mata kering secara alami adalah dengan sering berkedip. Ini sangat mudah, namun kebanyakan orang yang menatap gawai jarang berkedip karena mereka terlalu fokus pada apa yang dilihat di gawai.

Cobalah sering berkedip saat menggunakan gadget, terutama bila mata mulai terasa perih, tegang, dan lelah. Aplikasikan aturan 20/20, yaitu tutup mata selama 20 detik setiap 20 menit.

Baca Juga: 7 Nutrisi yang Bisa Mengoptimalkan Kesehatan Mata

6. Bersihkan Mata

Bersihkan kelopak mata Anda dengan sampo atau sabun bayi yang tidak pedih di mata. Tutup mata, pijat dengan lembut bagian kelopak mata dekat bulu mata.

7. Perubahan Gaya Hidup

Berikut ini cara mengobati mata kering dan gatal secara alami:

  • Atur jarak antara mata dan gawai sejauh jarak satu lengan.
  • Istirahat mata bila mata mulai terasa lelah dan perih.
  • Bila menatap gawai terlalu lama, Anda dapat mengaplikasikan metode 20-20-20 yaitu melihat objek lain yang jaraknya 20 kaki (6 meter) selama 20 detik setiap 20 menit sekali.
  • Hindari tempat yang berpolusi atau penuh asap rokok.
  • Jangan mengucek mata dengan keras bila mata gatal atau perih.

Selain itu, cara mengatasi mata kering karena AC adalah dengan menggunakan mist humidifier untuk meningkatkan kelembapan udara di ruangan.

8. Gunakan Sunglasses Berkualitas

Gunakan sunglasses (kacamata hitam) hitam bila berada di luar ruangan. Pastikan kacamata memiliki fitur penghalang sinar UV 100%, penangkal debu, angin, dan bahan iritan lainnya penyebab mata kering.

9. Terapi Mata

Terdapat dua jenis terapi yang dapat mengatasi mata kering, termasuk:

  • Akupuntur: Akupuntur mata dipercaya dapat mengurangi iritasi mata, namun harus konsultasi ke klinik akupuntur profesional dan memiliki lisensi medis.
  • Terapi Intense Pulsed Light (IPL): Ini adalah terapi untuk mengurangi gejala rosacea dan jerawat, namun berdasarkan penelitian IPL juga dapat mengatasi gejala mata kering kronis.

Baca Juga: 15 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Mudah dan Ampuh!

10. Obat Mata Resep

Apabila gejala mata kering didasari oleh masalah medis lain yang cukup serius, dokter akan memberi obat resep antibiotik berupa obat oral atau obat tetes mata. Obat-obatan tersebut untuk menstimulasi kelenjar air mata yang memicu peradangan mata.

Itulah pembahasan tentang cara mengatasi mata kering dan gatal. Bila gejala mata kering berlangsung lama dan tidak sembuh dengan obat tetes mata OTC atau perawatan di rumah, pertimbangkan untuk konsultasi ke dokter mata segara. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. All About Vision. 2021. Dry eye syndrome: 12 ways to get relief. https://www.allaboutvision.com/conditions/dryeye.htm. (Diakses pada 22 Maret 2021).
  2. Pearson, Sonia. 2020. Treatments for Chronic Dry Eye. https://www.healthline.com/health/dry-eye/treatments-for-chronic-dry-eye. (Diakses pada 22 Maret 2021).
  3. WebMD. 2019. Home Remedies for Dry Eyes: What Works?. https://www.webmd.com/eye-health/dry-eyes-home-remedies. (Diakses pada 22 Maret 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi