10 Cara Alami Mempercepat Datang Bulan

doktersehat - cara mempercepat datang bulan

DokterSehat.Com– Semua wanita, normalnya akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Siklus menstruasi rata-rata terjadi setiap 28 hari atau normalnya terjadi antara 21 hari hingga 35 hari. Berkaitan dengan menstruasi, sebagian wanita bertanya-tanya apakah ada cara mempercepat datang bulan atau menstruasi ini?

Alasan Wanita Ingin Mempercepat Menstruasi

Pertanyaan seperti ini biasanya muncul dari wanita-wanita yang sibuk, wanita yang hendak melakukan kegiatan penting seperti naik haji atau berpergian jauh, dan wanita yang sering terlambat menstruasi. Lalu benarkah ada cara mempercepat datang bulan?

Wanita yang sibuk biasanya ingin menemukan cara mempercepat menstruasi agar tidak mengganggu kegiatan tertentu yang hendak dilakukan pada suatu waktu. Demikian pula dengan kaum wanita yang hendak naik haji atau berpergian, pasti ia akan mencari cara untuk mempercepat datang bulan.

Menstruasi pada saat naik haji atau berpergian pasti akan sangat merepotkan dan menjadi penghalang melakukan kegiatan tersebut. Sedangkan pada wanita yang sering terlambat menstruasi, mencari cara untuk mempercepat datang bulan diharapkan dapat membuat siklus menstruasi setiap bulannya menjadi lebih normal.

Baca juga: Batas Telat Haid yang Normal pada Wanita

Cara Mempercepat Datang Bulan

Anda mungkin pernah menemukan obat mempercepat haid yang ada di pasaran. Obat mempercepat haid memang bisa menjadi cara mempercepat menstruasi. Namun, tahukah Anda jika selain menggunakan obat mempercepat haid, masih ada banyak cara mempercepat datang bulan secara alami yang bisa Anda coba?

Berikut beberapa penjelasan tentang cara agar cepat menstruasi pada wanita, di antaranya:

1. Jangan terlalu sibuk

Cara mempercepat haid yang pertama adalah jangan terlalu sibuk. Ternyata faktor kesibukan sebagai salah satu penyebab terjadinya telat datang bulan dan bisa mengganggu masa kesuburan. Waspadalah terhadap masalah kesibukan Anda.

Jangan terlalu berlebihan dan memforsir diri terhadap pekerjaan sehingga Anda sendiri tidak punya waktu untuk mengistirahatkan tubuh. Kesibukan adalah hal yang sering dianggap sepele sebagai penyebab menstruasi terlambat, namun sebenarnya memberikan dampak yang sangat signifikan, terlebih jika kesibukan Anda ini dapat menyebabkan stress yang berlebihan.

2. Mengonsumsi makanan yang sehat

Mengonsumsi makanan sehat setiap hari adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan sebagai cara agar cepat haid dan juga menjaganya menjadi teratur. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung cokelat, kafein, gula, daging dan susu cenderung akan menyebabkan proses menstruasi lebih lama.

Pengobatan secara tradisional juga bisa Anda lakukan, dengan mengonsumsi sekar malam, jamu pil manjakani, pil manjakani, dan manjakani perapat. Tentu cara mempercepat datang bulan no 2 ini bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Minum air putih yang cukup

Siapa sangka jika minum air putih yang cukup juga bisa menjadi cara mempercepat datang bulan? Menghindari diri dari dehidrasi adalah hal yang perlu diperhatikan oleh seorang wanita sebagai resep cara agar cepat menstruasi. Dehidrasi dapat menyebabkan periode menstruasi yang lama.

Seorang wanita yang sehat harus meminum air putih sebanyak 2,1 liter per hari atau sekitar delapan cangkir. Anda juga harus menghindari kafein, minuman yang mengandung gula, dan alkohol, agar proses menstruasi bisa semakin pendek.

Baca juga: 3 Jenis Ramuan yang Aman Dikonsumsi untuk Melancarkan Haid

4. Konsumsi vitamin C dosis tinggi

Vitamin C berkontribusi dalam produksi estrogen (yang membangun lapisan uterus), ini merupakan cara agar cepat haid. Ketika mengonsumsi dalam dosis tinggi, uterus mulai berkotraksi dan mentruasi dimulai. Sumber terbaik Vitamin C untuk tujuan ini adalah teh parsley atau teh hijau. Minumlah secangkir teh 2 hingga 3 kali sehari; Anda juga bisa meminum jus cranberry kualitas tinggi untuk Vitamin C.

Jika Anda memilih untuk menggunakan suplemen, konsumsi 3000mg Vitamin C dalam 3 hari untuk merangsang menstruasi. Yakinlah bahwa Anda sedang tidak hamil saat meningkatkan konsumsi Vitamin C karena bisa menyebabkan keguguran.

5. Makan seledri

Cara mempercepat datang bulan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi sayuran berupa seledri. Seledri juga disebut makanan emmenagogic, yaitu makanan yang dapat merangsang aliran darah pada pelvis dan uterus yang dipercaya sebagai cara agar cepat menstruasi. Batang dan daun seledri mengandung apiol, sebuah hal alami yang dikenal dapat merangsang kontraksi pada uterus.

Baca juga: Sering Pusing Ketika Haid? Atasi dengan Buah Ini

6. Makan pepaya

Cara agar cepat menstruasi dengan mengonsumsi pepaya secara rutin selama 7 hari. Buah pepaya mengandung karoten untuk merangsang haid. Jika Anda kesulitan mendapatkan buah pepaya, gantilah dengan wortel atau labu untuk dosis karoten bermanfaat.

7. Minum air jahe

Jahe adalah obat tradisional yang digunakan sebagai cara mempercepat menstruasi dan diyakini menyebabkan kontraksi uterus. Namun, ini tetap belum terbukti, meskipun ada beberapa penelitian tentang efek jahe pada menstruasi yang menyakitkan.

Jahe tidak enak dimakan mentah, jadi cara termudah adalah meminumnya dengan membuat teh jahe. Untuk menggunakan metode ini sebagai cara mempercepat datang bulan, rebus potongan jahe segar yang dikupas dan diiris dalam panci berisi air selama lima hingga tujuh menit. Saring teh dan tambahkan madu atau gula secukupnya sebelum diminum.

8. Konsumsi kunyit

Kunyit adalah obat tradisional lain yang dipercaya oleh beberapa orang sebagai solusi atau cara mempercepat datang bulan. Kunyit ini bekerja dengan memengaruhi kadar estrogen dan progesteron.

Ada banyak cara untuk menggunakan kunyit ke dalam diet Anda. Ini dapat ditambahkan ke kari, nasi, hidangan sayuran atau digunakan untuk membuat minuman hangat dengan menambahkannya ke air atau susu dengan bumbu dan pemanis lainnya.

9. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat melakukan keajaiban untuk mengendurkan otot-otot yang kencang dan menghilangkan stres emosional. Mungkin ini adalah alasan untuk laporan anekdotal bahwa ini dapat membantu mempercepat haid.

Coba tambahkan beberapa minyak wangi yang rileks ke bak mandi untuk efek tambahan. Anda juga bisa mencoba menggunakan kompres hangat seperti botol air panas dengan menerapkannya ke perut. Cara mempercepat haid ini juga dapat meningkatkan aliran darah ke area tersebut, sehingga dengan lembut mempercepat siklus menstruasi.

10. Relaksasi

Stres kadang-kadang bisa menjadi penyebab haid yang tertunda atau tidak kunjung datang. Ketika merasa stres, kita dapat menghasilkan hormon seperti kortisol atau adrenalin.

Ini dapat menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron, yang penting untuk mempertahankan siklus menstruasi yang teratur.

Cara cepat haid dan penangkal stres adalah relaksasi. Ada banyak cara untuk menghilangkan stres dan mendorong relaksasi, dan tergantung kondisi individu. Tips mengurangi stres sebagai salah satu cara mempercepat datang bulan ini termasuk:

  • Mengurangi beban kerja
  • Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga
  • Berolahraga
  • Terlibat dalam hobi yang menyenangkan
  • Menggunakan teknik meditasi atau mindfulness

Nah, demikian cara mempercepat datang bulan seperti yang dijelaskan di atas. Dapat diketahui bahwa cara agar cepat menstruasi dapat dilakukan dengan alami. Anda tidak perlu selalu menggunakan obat mempercepat menstruasi sebagai cara mempercepat datang bulan. Selamat mencoba!